Wajib Tahu, Ini Tips Sukses Bekerja Setelah Kena PHK di Masa Pandemi COVID19 Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips Sukses Bekerja Setelah Kena PHK di Masa Pandemi COVID19 Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips Sukses Bekerja Setelah Kena PHK di Masa Pandemi COVID19 Gaes

Tips sukses bekerja lagi setelah kena PHK di masa pandemi COVID19 (Foto Ilustrasi: Pixabay)


Buat kamu yang kena PHK di masa pandemi COVID19 dan mau sukses kembali bekerja, ada tipsnya nih yang wajib banget kamu tahu gaes. Buat yang penasaran, bisa langsung cek tipsnya di bawah ini ya!

Seperti yang kita tahu, pandemi COVID19 masih terus berlangsung jelang berakhirnya tahun 2020. Akibatnya perubahan besar pun terjadi selama periode ini gaes. Salah satunya adalah pada kegiatan usaha yang banyak berimbas kepada masyarakat yang akhirnya kehilangan pekerjaan alias di PHK gaes.

Kondisi ini pastinya tidak mudah buat dihadapai, pasalnya bakal ada banyak pengangguran yang kehilangan pekerjaannya. Hal ini tentu juga mempengaruhi pada keuangan mereka, termasuk buat kamu yang mengalami hal yang sama gaes. 

Tapi jangan berkecil hati dulu, kini beberapa perusahaan sudah perlahan mulai membuka lowongan kerja lho gaes. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini 8 Cara Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan saat Alergi Gaes

Nah, buat kamu yang mau menemukan pekerjaan baru dan ingin kembali bekerja setelah kena PHK di masa pandemi COVID19, ada nih beberapa tips sukses wawancara kerja yang wajib banget kamu tahu gaes. Penasaran apa tipsnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mulai Mengelola Emosi 

Gak bisa dipungki kehilangan pekerjaan atau di PHK bukanlah hal yang mudah dihadapi. Pasalnya, mereka yang kehilangan pekerjaan pasti kebanyakan akan merasa terpuruk. 

Maka dari itu, penting nih buat kamu untuk cepat bangkit gaes. Salah satunya dengan cara mulai mengelola emosi dengan lebih baik lagi. Sebab, mengontrol emosi dengan baik akan membantu kamu lebih siap dalam proses wawancara gaes. Selain itu, kamu juga akan lebih percaya diri dan optimis dalam menjalani setiap prosesnya. 

2. Jujur tentang alasan berhenti kerja 

Bisanya dalam sesi wawancara kerja, pihak yang bersangkutan bakal menanyakan pengalaman kerja kamu, termasuk alasan kenapa kamu keluar dari tempat kerja gaes. 

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu menjelaskan bahwa kamu merupakan karyawan yang terdampak pandemi COVID19 saja gaes. Gak perlu mengatakan alasan yang sebenarnya kenapa kamu berhenti kerja, apalagi kalau terkena PHK. 

Gak sampai disitu, kamu juga boleh menceritakan kebaikan soal perusahaan kamu sebelumnya. Ingat, jangan sampai kamu memperlihatkan kesan buruk atau menjelekkan perusahaan kamu ya!

BACA JUGA: 8 Hal Penting untuk Pemula yang Baru Mulai Bersepeda, Wajib Tahu Gaes!

Selain itu, harus jujur dan ceritakan sebenarnya, sehingga pihak yang mewawancarai kamu tetap bisa menangkap kesan profesional dalam diri kamu gaes. Sebab, hal ini bakal menguntungkan dan memberi kamu nilai positif saat wawancara. 

3. Sampaikan cara apa yang kamu lakukan buat memperbaiki diri setelah kena PHK 

Setelah itu, kamu harus jujur tentang cara yang sudah kamu lakukan buat memperbaiki dan mempersiapkan diri untuk bisa kembali bekerja setelah kena PHK gaes. 

Kalau kamu mengisi waktu kosong itu dengan kegiatan yang positif buat mengasah kemampuan kamu, ceritakan kepada pewawancara. Ini juga akan membuat kamu mendapat penilaian positif lainnya lho gaes. 

4. Yakinkan pewawancara alasan mengapa harus menerima kamu 

Cobalah berusaha untuk meyakinkan pewawancara alasan mengapa harus menerima kamu menjadi karyawan di perusahaannya. Misalnya nih, kamu bisa menunjukkan hasil persiapan-persiapan yang sudah kamu lakukan untuk bekerja lagi gaes. 

Selain itu, tunjukkan kalau kamu orang berkompeten dan merupakan kandidat yang layak untuk menjadi bagian dari perusahaannya gaes. Dan yang paling penting adalah tetap bersikap profesional ddan tunjukkan etika yang terbaik selama sesi wawancara ya!

BACA JUGA: 8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

Nah, itulah beberapa tips sukses bekerja kembali setelah kenal PHK di masa pandemi COVID19 yang bisa kamu lakukan saat sesi wawancara gaes. Selamat mencoba~




Tips Sukses Bekerja Setelah Kena PHKTips Sukses BekerjaCara Bangkit Kerja di Masa PandemiTips Wawancara SuksesTips Bekerja Setelah Kena PHKTips Bekerja di Masa Pandemi COVID19

Share to: