Merawat Spirit dan Kesatuan di Tengah Pandemi, IKA Unpad Gelar Ngobrol Santai Bareng Alumni

Merawat Spirit dan Kesatuan di Tengah Pandemi, IKA Unpad Gelar Ngobrol Santai Bareng Alumni

Merawat Spirit dan Kesatuan di Tengah Pandemi, IKA Unpad Gelar Ngobrol Santai Bareng Alumni

Kolase Foto Acara IKA Unpad Gelar Ngobrol Santai Bareng Alumni (Foto: Youtube Info FKG Unpad)


Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA UNPAD) menggelar ngobrol santai bareng Alumni UNPAD pada Minggu, 11 April 2021. 

Dalam pertemuan yang digelar secara virtual ini, IKA Unpad mengajak para alumni dari lintas angkatan maupun fakultas dari UNPAD untuk ikut hadir sebagai narasumber. 

Beberapa diantaranya adalah Abah Iwan Abdulrachman, Alumni Fakultas Pertanian Unpad 1965, Irawati Hermawan selaku Ketua Unpad, Adrian Zakhary Alumni FTP 2004 yang kini menjadi Komisaris Independent PTPN VIII Jawa Barat.

BACA JUGA: Dukung SDM Unggul, IKA Unpad Luncurkan Kampus Merdeka dan Career Support Center

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Tina Talisa ini juga dihadiri oleh Boy Yoseph, alumni FKG sekaligus divisi Kemahasiswaan dan Hubungan alumni UNPAD dan Mia Hasanah, atlet berkuda dan alumni FISIP Unpad.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan berharap agar kegiatan ini bisa menjadi wadah sharing lintas fakultas maupun lintas angkatan. Jadi, spirit dan kesatuan tetap terjaga di tengah pandemi. 

"Saya percaya forum ini bisa menjadi forum yang sangat berguna bagi kita semua, disamping tentunya melepas kangen ingin mendengar sharing dari para senior," ungkap Irawati Hermawan. 

"Saya senang sekali silaturahmi ini disamping ada para senior yang kita banggakan dan kita hormati, ada para junior yang sudah mumpuni di bidangnya masing-masing," tambah Irawati. 

IKA UNPAD sudah mengadakan beberapa kegiatan di tengah pandemi

Pandemi COVID 19 bukan menjadi hambatan untuk terus berkembang dan mengadakan beragam kegiatan. IKA Unpad justru ikut memposisikan diri untuk mencari solusi untuk keluar dari pandemi. 

Untuk itulah, menurut ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan, IKA Unpad berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait dan menggelar International Conference COVID19. Beberapa pihak yang digandeng IKA Unpad sendiri diantaranya seperti UNPAD, Kementrian BUMN, KADIN, ICCIA, dan masih banyak lagi.

Sepanjang Januari hingga Maret 2021 ini, IKA UNPAD juga sudah menggelar beberapa acara. Diantaranya seperti JABAR Expo hingga membuat aplikasi My Unpad. 

Aplikasi satu ini mengumpulkan sekitar 500 UMKM yang IKA Unpad juga berkolaborasi dengan alumni yang lain

"Gunanya adalah untuk memberikan marketplace bagi mereka, supaya cita-cita pemerintah UMKM bisa terlaksana," ungkap Irawati Hermawan.

Selain itu juga masih banyak kegiatan-kegiatan yang akan dilangsungkan IKA Unpad selama bulan ramadhan 2021 mendatang. 

BACA JUGA: Hadiri Konferensi IKA UNPAD, Presiden Jokowi: Kerjasama dan Kolaborasi Penting untuk Hadapi Pandemi COVID19!

Menyatukan semangat dan spirit yang akan terus hidup

Menurut Abah Iwan, dalam setiap institusi harus ada spirit yang tak pernah mati. Termasuk dalam UNPAD sendiri, alumni-alumninya harus bisa menghidupkan spririt atau semangat dari pendahulu-pendahulunya. 

Spirit inilah yang akan dibawa kemana-mana dan tak bisa dihapus. Mungkin kadangkala spirit ini tak disadari oleh para alumni. 

"Spirit dari suatu institusi, jadi kalau ada satu institusi itu ada ruhnya. Yang manakah ruhnya? Ruhnya adalah konfigurasi dari individu-individu. Sejak dia dilahirkan yang walaupun sudah meninggal spiritnya tidak pernah mati. Sampai yang sekarang, sampai yang termuda dalam ruangan ini adalah Kang Adrian, itu spirit kita ni menjadi bagian dari spirit UNPAD," ungkap Abah Iwan. 

"Spirit itu separuh kemenangan. Jadi kalau Spirit UNPAD ini kita sadari, dia nyata ada," tambahnya lagi.

Anak muda alumni UNPAD lebih tertarik untuk ikut serta

Alumni Unpad FTIP 2004 yang kini menjadi Komisaris Independent PTPN VIII, Adrian Zakhary memandang dengan adanya kepengurusan IKA Unpad yang baru, anak mudanya lebih tertarik untuk ikut serta dengan kegiatan yang digelar oleh Unpad maupun IKA Unpad sendiri. 

"Kalau dari saya sebagai salah satu perwakilan milenial alumni UNPAD, dengan adanya pengurusan yang baru ini, anak mudanya lebih ter-engage. Artinya, ingin terlibat aktif dengan adanya banyak kegiatan di IKA Unpad maupun di Unpad pada umumnya," ungkap Adrian Zakhary, alumni UNPAD sekaligus Komisaris Independent VIII Jawa Barat. 

Dengan adanya kegiatan ngobrol bareng alumni UNPAD ini, Adrian mengungkap perlunya sinergi kesatuan yang lebih solid lagi demi menciptakan power yang lebih kuat dan berpengaruh. 

"Senior ini adalah contoh, adalah pengingat kita, bisa jadi ayah kita, yok kita bareng-bareng menghasilkan energi yang sama," ungkap Adrian.

"Kita memang perlu mensinergikan energi individu para alumni UNPAD dalam membentuk power tadi ya, menyatukan kekuatan kekuatan tadi untuk membangun budaya UNPAD," tambah Adrian.

BACA JUGA: IKA UNPAD Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Formula Atasi Pandemi COVID19 yang Ekeftif Gaes




IKA UnpadAlumni UnpadUniversitas PadjajadanNgobrol bareng Alumni UnpadSpirit dan Kesatuan IKA Unpad

Share to: