Arti dan Niat Doa Sahur Lengkap Dengan Bacaan Juga Terjemahannya

Arti dan Niat Doa Sahur Lengkap Dengan Bacaan Juga Terjemahannya

Arti dan Niat Doa Sahur Lengkap Dengan Bacaan Juga Terjemahannya

Kolase Foto Orang Lagi Sahur (Foto: dok. Istimewa)


Berikut ini merupakan arti dan niat dari doa sahur dimana kami akan memberikan bacaan dan terjemahannya agar orang-orang dapat memahami dengan baik. 

Puasa Ramadhan menjadi salah satu rukun Islam yang wajib banget dikerjakan oleh umat muslim yang ada diseluruh dunia gaes. Hal tersebut juga tertera dalam surah Al-Baqarah di ayat 185: 

BACA JUGA: Arti dan Niat Doa Berbuka Puasa Lengkap Dengan Bacaan Juga Terjemahannya

"Barangsiapa di antara kamu yang menyaksikan bulan [Ramadan], maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu," (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Mengerjakan puasa ternyata banyak banget manfaatnya gaes, selain bisa menurunkan berat badan, juga mengajarkan kita untuk melawan hawa nafsu dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga ibadah menjadi lebih baik. 

Setelah berpuasa seharian pun untuk melengkapi ibadah, kamu bisa melakukan sholat tarawih pada malam hari dan juga membaca Al-Quran. Sehingga pahala yang didapatkan akan semakin bertambah. 

Arti dan niat doa sahur gaes

Sebelum kamu melakukan sesuatu ibadah yang wajib, niat menjadi kunci utama yang harus diucapkan, termasuk puasa Ramadhan gaes. Hal ini berguna untuk memperlihatkan kejelasan ibadah yang akan ditunaikan. 

BACA JUGA: Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Terjemahannya Sesuai Syariat Islam

Berikut ini merupakan bacaan niat puasa Ramadhan dengan bahasa Arab, latin dan juga artinya gaes:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Latin: "Nawaitu shauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala" 

Arti: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Sahur sendiri memang dalam Islam menjadi sebuah sunah. Namun, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melakukan sahur karena keutamaannya yang besar lho. Hal tersebut diungkapkan dalam hadis riwayat Abu Sa’id Al-Khudri RA, dimana Rasulullah SAW bersabda:

"Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bersalawat untuk mereka yang bersahur,” (H.R. Ahmad).

BACA JUGA: Ini Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1442 H Kota Pontianak 2021 dan Sekitarnya

Itu dia gaes, arti dan niat dari doa sahur dimana kami berikan bacaan dan juga terjemahannya agar semua orang lebih paham. Jika kamu ingin melihat berita lainnya, langsung saja cek di KUYOU.id. 




arti dan niat doa sahurniat doa sahurarti doa sahurdoa sahursahurterjemahan doa sahurbacaan doa sahurniat puasadoa puasa

Share to: