5 Cara Kelola Dana THR, Biar Nggak Numpang Lewat Doang Gaes

5 Cara Kelola Dana THR, Biar Nggak Numpang Lewat Doang Gaes

5 Cara Kelola Dana THR, Biar Nggak Numpang Lewat Doang Gaes

Ilustrasi 5 Cara Kelola Dana THR (Foto: Pexels)


Menjelang memasuki lebaran, biasanya banyak dari kalian yang menerima dana Tunjangan Hari Raya (THR). Tapi, gimana ya cara kelola THR biar nggak cuma numpang lewat doang? Simak tips dan caranya berikut ini gaes. 

Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang banyak dinantikan para pekerja. Biasanya tepat saat pertengahan Ramadhan dana THR sudah cair. 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Lokasi Ngabuburit Terbaik di Surabaya, Cocok Buat Nunggu Buka Puasa Ramadhan

Namun, karena dana THR yang cair tersebut, biasanya banyak yang tergugah untuk memenuhi keinginannya berbelanja. Kalau nggak bisa menahan hasrat belanja tersebut, THR bakal cuma numpang lewat doang. 

Demi mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus bisa mengelola dana THR dengan benar. Pastikan THR mu bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan dan nggak habis begitu saja. 

Berikut adalah 5 cara mengelola dana THR biar nggak cuma numpang lewat doang. 

1. Sisihkan untuk orang yang berhak dan membutuhkan

Pertama, kamu harus menyisihkan untuk membayar kewajiban zakat, atau untuk orang-orang yang berhak dan membutuhkan. Misalnya untuk asisten rumah tangga, pegawai, dan tentu saja orang tuamu.

2. Lunasi hutang dan tagihan

Jika kamu memiliki taguah dan hutang, pastikan THR kali ini kamu bayarkan juga hutang-hutangmu. Dari mulai tagihan kartu kredit, pinjaman online, maupun tagihan-tagihan lainnya.

3. Kebutuhan lebaran

Salah satu hal yang juga penting adalah membuat perencanaan dana untuk kebutuhan lebaran. Pastikan, kamu sudah menyisihkan untuk kebutuhan lebaran. 

Misalnya saja, makanan, kue, hampers, bahkan pakaian. Ingat gaes, kamu harus cerdas untuk membelanjakan THR mu untuk kebutuhan lebaran ya, jangan sampai kamu membeli hal-hal nggak penting atau hanya keinginanmu saja.

BACA JUGA: Jadi Penggugur Dosa dan Amal Baik, Ini Daftar Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

4. Dana cadangan

THR bisa banget nih untuk menambah pemasukan dana cadangan kamu. Atau bisa juga jadi tabungan untuk kebutuhanmu di masa yang akan datang. 

Terlebih lagi sekarang ada pembatasan mudik, jadi uang untuk mudik bisa kamu tabung deh. 

5. Disiplin dalam mengeluarkan dana

Ingat gaes, semua itu hanya bisa dilakukan jika kamu disiplin dalam mengeluarkan dana. Kamu harus selektif dalam mengeluarkan uang tersebut. Pastikan juga uang yang kamu keluarkan sesuai dengan rencana, dengan begitu uang atau dana THR mu nggak cuma numpang lewat doang.

BACA JUGA: Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan keluarga, Lengkap dengan Artinya

Nah itu dia gaes tips dan cara kelola dana THR biar nggak cuma numpang lewat doang.




Tunjangan Hari RayaTHRTips Kelola THRCara Kelola THRIni Cara Mengelola THRmenatur THRTHR 2021

Share to: