Fakta dan Profil Sultan Abdul Mufakir, Tokoh Banten yang Disebut Lord Rangga Memerdekakan Amerika

Fakta dan Profil Sultan Abdul Mufakir, Tokoh Banten yang Disebut Lord Rangga Memerdekakan Amerika

Fakta dan Profil Sultan Abdul Mufakir, Tokoh Banten yang Disebut Lord Rangga Memerdekakan Amerika

Kolase Foto dan Fakta Profil Sultan Abdul Mufakir, Tokoh Banten yang Disebut Memerdekakan Amerika (Foto: Berbagai Sumber)


Sosok Sultan Abdul Mufakir belum lama ini disebut-sebut oleh Lord Rangga Sasana dalam pocast Deddy Corbuzier.  Berikut fakta dan profil Sultan Abdul Mufakir

Sosok Sultan Abdul Mufakir adalah tokoh asal Banten yang diklaim memerdekakan Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan oleh Pimpinan Sunda Empire, Lord Rangga Sasana pada 19 Mei 2021 lalu dalam video di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

BACA JUGA: Fakta-fakta Lord Rangga Sasana Sebut Amerika Dimerdekakan Sultan Dari Banten, Bikin Auto Ngakak Gaes!

Nggak cuma itu aja gaes, Lord Rangga menyebut Sultan Abdul Mufakir yang disingkat dengan SAM adalah asal usul julukan Amerika Serikat, Paman SAM (Uncle SAM).

"US ini, US Navy, kenapa depannya US? Ini Uncle SAM. SAM-nya adalah Sultan Abdul Mufakir," ungkap Lord Rangga dalam podcast Deddy Corbuzier.

Buat kamu yang belum mengenal sosok Sultan Abdul Mufakir, simak yuk fakta dan profil Sultan Abdul Mufakir yang berhasil dirangkum KUYOU berikut ini gaes. 

Profil Sultan Abdul Mufakir

Sultan Abdul Mufakir merupakan raja atau Sultan ke-4 yang bertahta di Banten. Ia memiliki nama lengkap Sultan Abdul Mufakir Muhammad Abdul Kadir. 

Sultan Abdul Mufakir merupakan putera Sultan Maulana Muhammad yang menjadi raja pertama di Pulau Jawa yang memakai gelar Sultan. Sultan Abdul Mufakir sendiri bertahta pada tahun 1596 sampai 1651.

Ayah dari Sultan Abdul Mufakir, Sultan Maulana Muhammad wafat pada tahun 1596 di Palembang. Dari situlah, putranya yang beru berusia 5 bulan, Sultan Abdul Mufakir diangkat menjadi raja Banten ke 4, tepatnya pada tanggal 23 Juni 1596. Sementara itu, walinya, Mangkubumi Jayanegara yang menjalankan roda pemerintahan. 

Pada 1602, Mangkubumi Jayanegara wafat dan digantikan adiknya. Namun, ia diberhentikan karena memiliki kelakuan yang tak baik. 

Karena takut menimbulkan beragam konflik, akhirnya pemerintahan tersebut dipegang langsung oleh ibunda dari Sultan Abdul Mufakir. 

Namun, pada 8 Maret 1608-26 Maret 1609 terjadi perang saudara diantara keluarga kerajaan. Akhirnya, Pangeran Jayakarta berhasil mengentikan perang tersebut dengan perjanjian damai yang disepakati pihak-pihak yang berseteru.

Pada tahun 1624 hingga 1651, Sultan Abdul Mufakir akhirnya berkuasa penuh dengan Ramanggala sebagai Patih dan Penasehat Utamanya. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Alex Ahmad Hadi Ngala, Panglima Sunda Nusantara yang Heboh Terbitkan Plat Khusus

Sultan Abdul Mufakir wafat pada 10 Maret 1651 dan dimakamkan di Pemakaman Kenari Banten. Setelah Sultan Abdul Mufakir wafat, posisinya digantikan oleh putranya, Abu Mu'ali Ahmad Rahmatullah. 

Sementara itu, setelah Abu' Ma'ali wafat, ia digantikan oleh Sultan Ageng Tirtayasa atau Pangeran Surya yang lahir pada tahun 1631.

Sultan Ageng Tirtayasa memerintah pada tahun 1651 hingga 1692. Dalam masa-masa itulah, Banten berada dalam masa jayanya. Ia pun berusaha untuk memperluas kerajaan tersebut dan mengusir Belanda dari Batavia. 

Pada 1671, Sultan Ageng Tirtayasa  mengangkat putra mahkota menjadi raja pembantu bergelar Sultan Abdul Kahar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sultan haji.

Pernyataan Lord Rangga soal Amerika Serikat 

Belakangan, nama Sultan Abdul Mufakir viral karena disebut-sebut dalam podcast Deddy Corbuzier oleh Lord Rangga Sasana. Ia mengungkap Sultan Abdul Mufakir lah yang berhasil memerdekakan Amerika Serikat.

"Amerika mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir. Paman Sultan Ki Ageng Tirtayasa kemudian ke Sultan Abdul Mufakir memerdekakan Amerika," ungkap Lord Rangga. 

Nggak cuma itu aja, Lord Rangga juga menyunggung soal singkatan "US". Ia menilai,'US' bukanlah 'United States', melainkan "Uncle SAM". SAM sendiri adalah kepanjangan dari Sultan Abdul Mufakir.

"Bukan! Uncle SAM, SAMnya adalah Sultan Abdul Mufakir! Banten itu!" tuturnya.

"Jadi Negeri Paman SAM adalah..." jawab Tretan Muslim. Saat belum selesai bicara Lord Rangga langsung memotongnya.

"Yang dimerdekakan kita di sini Banten itu," kata Rangga.

BACA JUGA: Komandan Sunda Empire Bebas Gaes, Akankah Kembali Memimpin Dunia?

Nah itu dia gaes, fakta dan profil Sultan Abdul Mufakir, tokoh Banten yang disebut-sebut oleh Lord Rangga. Menurut Lord Rangga, Sultan Abdul Mufakir adalah tokoh yang memerdekakan Amerika Serikat.




Sosok Sultan Abdul Mufakir belum lama ini disebut-sebut oleh Lord Rangga Sasana dalam pocast Deddy Corbuzier.Profil Sultan Abdul MufakirFakta Menarik Sultan Abdul MufakirMengenal Sultan Abdul MufakirSiapa Sultan Abdul MufakirSultan Abdul Mufakir Memerdekakan AmerikaLord Rangga SasanaKepanjangan US

Share to: