Siap-Siap, Bank Indonesia Bakal Rilis Mata Uang Digital

Siap-Siap, Bank Indonesia Bakal Rilis Mata Uang Digital

Foto

Bank Indonesia Bakal Rilis Mata Uang Digital (Foto Instagram: @)


Baru-baru ini muncul kabar kalau Bank Indonesia alias BI bakal segera mempersiapkan rencana perilisan mata uang digital.

Perilisan mata uang digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC) ini merupakan langkah terbaru Bank Indonesia di tengah maraknya uang digital saat ini.

Mata uang digital yang bakal dirilis BI ini rencananya akan diberi nama Digital Rupiah gaes.

BACA JUGA: Daftar Kementerian RI yang Bakal Work From Bali

Diketahui rencana dan pembuatan ini sebekumnya diketahui lewat unggahan BI di Instagram pada Senin, 31 Mei 2021 kemarin.

BI rilis mata uang digital

Bank Indonesia tengah bersiap dan bakal merilis mata uang digital yang dikenadalikan oleh bank sentral.

Hal ini diketahui berdasarkan unggahan akun Instagram Bank Indonesia yang menyatakan kalau hal ini dilakukan untuk menjadi simbol negara.

"Pasokannya bisa ditambahkan atau dikurangi oleh bank sentral untuk mencapai tujuan ekonomi. Ini menjadi simbol kedaulatan negara atau sovereign currency yang diterbitkan oleh bank sentral dan menjadi bagian dari kewajiban moneter," tulis pihak BI.

Selain itu, terdapat tiga pertimbangan Bank Indonesia merencanakan penerbitan CBDC ini yaitu sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, mendukung pelaksanaan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran, serta menghadirkan pilihan instrumen pembayaran berbasis teknologi.

Central Bank Digital Currency (CBDC)

Selain itu Bank Indoensia juga mengatakan kalau pihaknya tak terburu-buru dalam perilisan Digital Rupiah ini gaes.

BI bakal memperhatikan kondisi ekonomi dan konteks digitalisasi dari bank sentral.

Selain itu, BI juga memperhatikan soal desain, teknologi, potensi, manfaat serta resiko dari Central Bank Digital Currency (CBDC) ini.

BACA JUGA: 6 Prediksi Tentang K-POP Idol yang Menjadi Kenyataan, Ibu J-Hope Mimpi Soal GRAMMY?https://kuyou.id/homepage/read/22481/daftar-kementerian-ri-yang-bakal-work-from-bali

Namun, hingga saat ini masih belum ada informasi lanjutan terkait mata uang digital atau Central Bank Digital Currency ini gaes.




Bank Indonesia Rilis Mata Uang DigitalBank IndonesiaDigital RupiahCentral Bank Digital CurrencyMata Uang Digital

Share to: