Fakta Menarik Megawati Tak Lulus Kuliah Tetapi Jadi Profesor dengan Gelar Doktor Honoris Causa

Fakta Menarik Megawati Tak Lulus Kuliah Tetapi Jadi Profesor dengan Gelar Doktor Honoris Causa

Fakta Menarik Megawati Tak Lulus Kuliah Tetapi Jadi Profesor dengan Gelar Doktor Honoris Causa

Kolase Foto dan Fakta Menarik Megawati Tak Lulus Kuliah Tetapi Jadi Profesor dengan Gelar Doktor Honoris Causa (Foto: I


Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri menjadi sorotan setelah dikabarkan akan jadi profesor dengan gelar Doktor Honoris Causa. Simak nih fakta menarik Megawati yang ternyata tak lulus kuliah tapi bisa jadi Professor gaes. 

Megawati Soekarnoputri akan mendapat gelar Profesor Kehormatan tidak tetap pada Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan)

Saat pengukuhan gelarnya, Megawati Soekarnoputri diberi kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Kepemimpinan Strategis pada Masa Kritis". Hal tersebut akan disampaikan dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Rektor Unhan, Laksamana Madya TNI Amarullah Octavian. 

Uniknya, Megawati ternyata sudah menerima banyak gelar Doktor Honoris Causa meski tak lulus kuliah. Ini dia fakta lain soal Megawati tak lulus kuliah tapi jadi profesor.

Tak lulus kuliah dari univ manapun

Putri proklamator Indonesia ini diketahui belum pernah menyelesaikan kuliah dari universitas manapun lho gaes. 

Sebelumnya, Megawati pernah mengikuti perkuliahan selama dua tahun di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada tahun 1965 silam. Namun, ia tak menyelesaikan pendidikannya karnea gejolak politik saat itu.

"Hanya dua tahun kesempatan saya untuk belajar di Unpad. Kesemuanya memaksa saya untuk tidak melanjutkan kuliah di kampus ini," ungkap Megawati saat menerima gelar Dokter dari Unpad pada 25 Mei 2016 silam. 

BACA JUGA: Biodata Puan Maharani, Lengkap Umur dan Agama, Anak Megawati yang Jadi Ketum DPR RI

Nggak cuma itu aja, ibu dari Puan Maharani ini juga pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1970. Sama seperti sebelumnya, ia juga tak sampai lulus dari UI. 

BACA JUGA: Ulang Tahun Ke 73, Ini Doa Ahok Untuk Megawati

Berhasil jadi profesor dengan gelar Doktor Honoris Causa

Meski tak lulus dari bangku perkuliahan, Megawati berhasil menjadi profesor dan meraih banyak gelar Doktor Honoris Causa dari berbagai kampus baik dalam maupun luar negeri. 

Megawati berhasil meraih gelar Doktor Honor Causa (HC) dari Universitas Soka Jepang di bidang Kemanusiaan dan menjadi gelarnya yang kesembilan. 

Yang terbaru, Megawati akan menerima gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik dari Fakultas Strategi Pertahanan Unhan. 

Sidang Senat Terbuka Unan akan dijadwalkan pada Jumat, 11 Juni 2021. Dalam sidang tersebut, Dewan guru Besar Unhan RI akan menerima karya ilmiah Megawati Soekarnooputri berjudul "Kepemimpinan Presiden Megawati Pada Era Krisis Multidimensi 2001-2004 (The Leadership of President Megawati In The Era Of Multidimensional Crisis (2001-2004)".

BACA JUGA: Kisah Megawati Soekarnoputri Pernah Tinggal di Kapal Perang: Konflik Maluku & Halmahera

Nah itu dia gaes fakta menarik Megawati Soekarnoputri jadi profesor dengan gelar Doktor Honoris Causa meski tak lulus kuliah. 




Megawati SoekarnoputriTak Lulus Kuliah MegawatiFakta Megawati tak lulus kuliahMegawati Terima gelar DoktorDoktor Honoris CausaMegawati Jadi Profesor

Share to: