Hadiri Rakornas ICCN 2022, Wishnutama Ungkap Web 3.0 Jadi Momentum Kebangkitan Digital Indonesia

Hadiri Rakornas ICCN 2022, Wishnutama Ungkap Web 3.0 Jadi Momentum Kebangkitan Digital Indonesia

Foto

Wishnutama di Rakornas ICCN 2022 (Foto: Istimewa)


Wishnutama mengungkapkan Web 3.0 bisa menjadi momentum kebangkitan digital Indonesia.

Hal ini Wishnutama sampaikan dalam diskusi mengenai ekonomi digital yang digelar dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Creative Cities Network (ICCN) 2022 pada Rabu, 28 September 2022.

Wishnutama bersama CTO MNC Group, Yudi Hamka dan Ketua Task Force WEB3 ICCN, Adrian Zakhary berdiskusi mengenai ekonomi digital.

Baca Juga: Melalui Rakornas ICCN 2022, Adrian Zakhary Optimis Bisa Edukasi Web3 dan NFT di Indonesia

ICCN Hadirkan Rakornas 2022

ICCN menghadirkan Rakornas 2022 dengan tema JEJARING LOKAL KEREN. Rakornas ICCN 2022 ini mengundang 225 forum lintas komunikasi kota dan kabupaten kreatif yang dibina ICCN.

Rakornas ICCN berlangsung selama tiga hari, 27 September 2022 hingga 29 September 2022 di SMESCO, iNEWS Tower, Sarinah, Pos Bloc & M Bloc Space, Jakarta.

ICCN juga menghadirkan beberapa tokoh ternama untuk hadir dalam sesi diskusi serta talkshow. Mereka adalah Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN, Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama, CTO MNC Group, Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN, Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN, Fiki Satari, serta ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF), Handoko Hendroyono.

Wishnutama Ungkap Masalah Digital di Indonesia

Wishnutama selaku Dewan Pengarah ICCN, mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia memiliki peluang yang sangat luar biasa, yang mana bisa mencapai 4.500 triliun di tahun 2030 mendatang.

"Ekonomi digital indonesia mempunyai peluang yang sangat luar biasa, 4.500 triliun di tahun 2030," kata Wishnutama.

Namun pria yang akrab disapa Mas Tama ini khawatir bahwa Indonesia tidak bisa menikmati hal tersebut. Hal ini karena dunia digital Indonesia sedang mengalami masalah.

"Generasi muda kita lagi menikmati, menjadi konsumen, menjadi pasar, tidak sadar pada hari ini kita sudah mengalami Digital Colonialism atau penjajahan di era digital. Kalau kita tidak siap, kita hanya menjadi jajahan versi baru di dunia digital," ujarnya.

Web 3.0 Bisa Jadi Momentum

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini menyebutkan bahwa Web 3.0 bisa dijadikan momentum untuk masa depan dunia digital Indonesia menjadi lebih baik.

Untuk itu, Wishnutama meminta kepada para jejaring ICCN untuk memahami Web 3.0 agar bisa memanfaatkannya. Wishnutama juga percaya akan kekuatan ICCN yang sangat luar biasa.

Baca Juga: Di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung Bahas Peluang Indonesia di Era Disrupsi teknologi

"Dan momentum (Web 3.0) ini harus kita manfaatkan, pahamilah Web 3.0, manfaatkan momentumnya untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Jadi ICCN ini punya kekuatan yang sangat luar biasa," ucapnya.




ICCNRakornas ICCNJejaring Lokal KerenWishnutamaWeb3Kebangkitan digital Indonesia

Share to: