7 Pemilik Klub Bola dari Indonesia, Terbaru Gading Marten, Paling Hits Erick Thohir

7 Pemilik Klub Bola dari Indonesia, Terbaru Gading Marten, Paling Hits Erick Thohir

Foto

Kolase Foto Gading Marten, Erick Thihir, dan Ustaz Yusuf Mansyur Pemilik Klub Bola dari Indonesia (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut adalah daftar pemilik Klub Bola dari Indonesia yang mungkin belum kamu tahu, mulai dari kalangan artis seperti Gading Marten hingga pejabat Menteri BUMN Erick Thohir gaes. 

Saat ini, klub bola manjadi salah satu olahraga yang menyatukan banyak kalangan. Mulai dari pengusaha, pejabat, hingga artis pun menyukai olahraga yang satu ini gaes.

Indonesia sendiri memiliki banyak klub bola yang tersebar di berbagai daerah dan kerap berkompetisi secara profesional maupun amatir gaes. 

Di Indonesia yang paling hits memiliki klub bola adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Bahkan, yang terbaru dari kalangan artis adalah Gading Marten gaes. 

Tapi selain mereka, ada juga deretan artis dan pengusaha lainnya yang memiliki klub bola dari Indonesia lho.

BACA JUGA: Daftar 5 Artis Pemilik Tim Sepakbola Indonesia

Lalu siapa saja mereka? Daripada penasaran, ini dia deretan pemilik klub bola dari Indonesia berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini. 

1. Gading Marten

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Gading Marten merupakan salah satu pemilik klub bola dari Indonesia yang terbaru gaes.

Ia mengakuisisi klub bola Indonesia, Persikota Tangerang. Hal ini resmi diumumkan melalui akun Instagram resmi @persikotafc1994.

2. Raffi Ahmad

Beberapa waktu lalu, Raffi Ahmad sempat menghebohkan publik karena memiliki klub bola Indonesia gaes. Ia resmi mengumumkan sudah mengakuisisi klub bola Cilegon United. 

Tak hanya sendiri, presenter ternama ini mengakuisisi klub berjudul The Volcano ini bersama dengan Rudy Salim. Kini, keduanya pun resmi menjadi Charmain lho. Setelah resmi diakuisisi, klub bola mereka diganti nama menjadi Rans FC gaes.

3. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir, sebelumnya sempat menghebohkan publik saat mengakuisisi saham Inter Milan sebesar 70 persen dengan membelinya pada tahun 2013. Sebelumnya Inter Milan ini dimiliki oleh Massimo Moratti.

Mantan petinggi Pesib Bandung ini menggelontorkan dana mencapai 480 juta dolar AS. Namun, kekuasaannya hanya bertahan tiga tahun saja gaes. Pasalnya, pada tahun 2016, ia melepas 39 persen sahamnya, ke perusahaan Multinasinal China, Sinung Group.

Kemudian pada Januari 2019, ia menjual seluruh sahamnya yang tersisa 31 persen di Inter Milan ke perusahaan asal Hong Kong Lion Rock. 

Menteri BUMN ini juga sempat diakuisisi klub Major League  Soccer (MLS) atau Liga Utama Amerika Setikat, DC United pada tahun 2012 sebelum ia membeli saham mayoritas Inter gaes.

Namun, pada Agustus 2018 kebersamaannya dengan DC United pun berakhir dan semua sahamnya dipegang oleh Levien. Kini, Erick Thohir hanya berstatus co-president bersama Stephen Kaplan.

4. Ustaz Yusuf Mansyur

Mungkin banyak orang yang gak tahu, kalau Ustaz Yusuf Mansyur juga merupakan pemilik klub bola dari Indonesia lho gaes. Ia diketahui memiliki 10 persen saham milik Lechia Gdansk.

BACA JUGA: Survei ASI Terbaru, Erick Thohir dan Nadiem Makarim Menteri yang Paling Layak Tembus Pilpres 2024 Gaes

Menurut informasi, Ustaz Yusuf Mansyur harus merogoh kocek sebesar 2,5 juta euro atau setara dengan R41 miliar rupiah untuk memiliki saham moniritas di Gdansk yang dibelinya pada tahun 2018 gaes.

5. Imam Arif 

Pengusaha Indonesia, Imam Arif juga memiliki klub bola yaitu Leicester City, Juara Premier League 2015-2016. Ia memiliki 20 persen saham klub ini pada tahun 2011.

Akan tetapi, ia memiliki klub bola ini hanya setahun. Kemudian, ia pun melepas seluruh sahamnya kepada Vichai Srivaddhanaprabha, penguahan asal Thailand.

6. Robert Budi Hartono

Melalui SENT Entertainment LTD, Djarum Group menginvestasikan manuver bisnisnya dengan membeli klub Serie C, Como 1907. Perusahaan ini dimiliki oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang. 

Keduanya merupakan pemilik Dharum. Berdasarkan informasi yang beredar di Italia, Hartono dan Bambang sudah melakukan negoisasi sejak April 2019 gaes.

7. Sihar Sitorus 

Sihar Sitorus merupakan tokoh sepak bola nasional. Pada tahun 2018 ia mengumumkan bahwa dirinya sudah membeli klub bola Eropa. Klub bola yang dimilikinya ini bernama klub Belgia.

Sebelumnya, ia mengaku sudah membeli FC Verbroedering Dender, klub kasta ketiga di Liga Belgia ini karena sesuai dengan visi dan misinya yang ingin memajukan sepak bola internasional gaes.

BACA JUGA: Survei Pilpres 2024, Ganjar-Erick Thohir Lebih Disukai Ketimbang Ridwan Kamil-Erick Thohir, Ini Datanya Gaes

Nah, itu dia 7 pengusaha dan artis pemilik klub bola dari Indonesia, dimana Gading Marten menjadi artis terbaru yang memiliki klub bola dan Erick Thohir menjadi pemilik klub bola yang paling hits gaes.




Gading MartenErick ThohirPemilik Klub BolaPemilik Klub Bola dari IndonesiaKlub Bola IndonesiaErick Thohir Pemilik Klub BolaDaftar Pemilik Klub Bola dari IndonesiaPengusaha Pemilik Klub BolaArtis Pemilik Klub Bola

Share to: