Meski Tak Sempurna, Ini Prestasi Jokowi yang Dikagumi Dunia

Meski Tak Sempurna, Ini Prestasi Jokowi yang Dikagumi Dunia

Foto

Daftar Prestasi Jokowi yang Dikagumi Dunia dalam Kolase Foto (Foto: Berbagai Sumber)


Yuk simak prestasi Jokowi yang dikagumi dunia berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini.

Selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia di periode pertama, diketahui memang visi misi Presiden Jokowi diwarnai dengan keberhasilan maupun kegagalan.

Hal ini diketahui, saat Presiden Jokowi pernah membuka sidang kabinet paripurna dengan topik evaluasi RPJMN 2014-2019 dan persiapan implementasi APBN tahun 2020 di Istana Negara gaes. 

Saat itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di Kantor Presiden mengungkapkan berbagai pencapaian RPJMN 2014 - 2019.

"Memang yang kami sampaikan belum bisa gambarkan data terakhir karena sebagian besar data 2019 belum ada. Kecuali kami melakukan semacam prognosa atau perkiraan. Tapi bisa kita lihat beberapa indikator penting" kata Bambang Brodjonegoro.

Memang nggak semua yang tertuang dalam RPJMN berhasil tercapai gaes. Meski tak sempurna, tapi ada beberapa pencapaian pemerintahan Jokowi yang dikagumi dunia dan patut diacungi jempol lho gaes.

BACA JUGA: 5 Menteri Jokowi Diunggulkan Gen Z & Milenial di 2024, Mana Favoritmu?

Penasaran apa saja? Ini dia prestasi Kabinet Kerja Jokowi yang dikagumi oleh dunia berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id untuk kamu.

1. Jokowi Berhasil Jaga Inflasi dalam Kurun Waktu 4 tahun 

Pemerintahan Presiden Jokowi berhasil menjaga inflasi di kisaran 3-4% dalam kurun waktu 4 tahun terakhir sejak tahun 2016 lalu gaes. Sejak tahun 2009-2015 tingkat inflasi tahunan Indonesia bergerak fluktuatif di rentang 3.98-6.41%.

Setelah itu, pada tahun 2019 inflasi diperkirakan berada di angka 3.3%. Kemudian, tingkat inflasi cenderung bergerak lebih stabil di kisaran 3,2-3,8% hingga tahun 2019.

Oleh karena itu, pemerintah pun berhasil mempertahankan tingkat inflasi dengan stabil sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga gaes.

2. Jokowi Berhasil Menurunkan Angka Kemiskinan

Pada pemerintahan Jokowi periode pertama, ia berhasil menurunkan angka kemiskinan di Indonesia yang berubah menjadi single digit gaes.

Sebelumnya pada tahun 2018 lalu, angka kemiskinan di Indonesia sudah mencapai 9,2% menurun, kalau dibandingkan dengan bulan Maret 2014 yang awalnya sebesar 11,25% gaes.

3. Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Membaik dalam 5 tahun.

Selain itu, prestasi Jokowi yang dikagumi dunia adalah ia berhasil membuat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia terus membaik dalam 5 tahun terakhir gaes. Pasalnya, angka IPM Indonesia sudah berada di kisaran 70-an pada tahun 2018. 

Sebagai informasi aja nih, IPM merupakan salah satu alat untuk mengukur pencapaian sosial ekonomi suatu negara yang dilihat dari beberapa aspek seperti tingkat kesehatan, pendidikan dan standar hidup masyarakatnya. Semakin tinggi skornya maka semakin bagus tentunya.

4. Jokowi Berhasil Turunkan Prevalensi Stunting di Indonesia

Pemerintahan Jokowi juga berhasil menurunkan prevalensi stunting di Indonesia yang awalnya 37,2% di tahun 2013 menjadi 30,8% di tahun 2018 gaes.

BACA JUGA: Pakar: Dua Menteri Ini Jagoan Jokowi di 2024, Mewakili Milenial?

Yang artinya, prevalensi stunting di Indonesia turun 6,4 persentase poin dalam 5 tahun terakhir. Tentunya, pencapaian ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memerangi stunting sebagai indikator gizi buruk untuk anak-anak Indonesia gaes.

5. Jokowi Berhasil Tingkatkan Sektor Pendidikan

Tak hanya itu saja, dari sektor pendidikan pemerintah juga berhasil meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk usia di atas 15 tahun gaes. 

Pada tahun 2013 lalu, rata-rata lama sekolah penduduk usia di atas 15 tahun adalah 8,1 tahun. Ketika target pemerintahan Jokowi tercapai maka naik menjadi 8,8 tahun lho.

6. Target Dwelling Time Indonesia Turun

Sebelumnya pada tahun 2013 lalu, dwelling time Indonesia mencapai 6-7 hari. Namun, pada tahun 2019 dwelling time di Indonesia di targetkan berada di kisaran 3-4 hari. 

Bahkan pada Maret 2019 lalu, dwelling time di Indonesia sudah berada di 3,9 hari lho. Maka dari itu, Jokowi pun dinilai berhasil menurunkan Target Dwelling Time Indonesia gaes. 

7. Rasio Elektrafikasi di Indonesia Terus Membaik.

Pada tahun 2014 lalu, rasio elektrifikasi di Indonesia awalnya hanya 81,5% saja. Namun pada tahun 2019, rasio elektrifikasi di Indonesia terus membaik, kerena berhasil mencapai target 100% gaes. Selain itu, rasio konsumsi listrik juga mencapai target di level 1.200 kwh/orang lho. 

BACA JUGA: Ultah ke-60, Menteri Erick Thohir Sebut Jokowi Mentor yang Bijaksana dan Detil

Nah, itu dia deretan prestasi Jokowi yang dikagumi dunia dan patut diacungi jempol, meski tidak semua visi misinya sempurna gaes. 




JokowiPresiden JokowiPrestasi JokowiVisi Misi Presiden JokowiRPJMN 2014-2019Prestasi Jokowi Dikagumi DuniaPencapaian JokowiPemerintahan Jokowi

Share to: