Saingi TikTok, YouTube Resmi Rilis Platform Shorts yang Punya Banyak Keunggulan

Saingi TikTok, YouTube Resmi Rilis Platform Shorts yang Punya Banyak Keunggulan

Saingi TikTok, YouTube Resmi Rilis Platform Shorts yang Punya Banyak Keunggulan

YouTube Resmi Rilis Platform Shorts (Foto Instagram: @youtube)


YouTube dikabarkan baru saja merilis paltform terbaru miliknya yang bernama Shorts yang digadang-gadang bakal saingi TikTok.

Platform Shorts ini diketahui memiliki keunggulan yang sangat menguntugkan penggunanya dibanding aplikasi TikTok.

Fitur tersebut kini sudah tersedia di Indonesia bahkan seluruh dunia setelah diuji coba di beberapa negara.

BACA JUGA: Bukan Lagi Aplikasi Foto, Kini Instagram Fokus di Video

Hal ini pertama kali diketahui dalam unggahan akun YouTube di Instagram pada Selasa, 13 Juli 2021.

Platform Shorts punya keunggulan dibanding TikTok

Shorts mnjadi salah satu platform yang berisi konten video singkat berdurasi 15-60 detik yang mirip dengan aplikasi TikTok.

Platform ini memiliki pilihan audio dari YouTube yang lebih banyak ktimbang TikTok. Selain itu ada juga fitur percepat dan mundur yang sangat memudahkan penggunanya. Namun sayang mereka belum memiliki koleksi filter sebanyak TikTok.

Meski begitu perlu diketahui kalau platform Shorts memiliki keunggulan yaitu bakal mengaji konten kreator dengan bayaran yang cukup tinggi.

YouTube bahkan tengah menyiapkan anggaran sebesar USD 100 juta alias Rp 1,4 miliar untuk menggaji konten kreatornya.

Anggaran bernama YouTube Shorts Fund ini mulai berlaku pada 2021 hingga 2022 yang nantinya bakal diberikan dengan konten kreator yang memiliki engagement paling banyak.

"Karena Shorts merupakan cara baru menonton danberkreasi di YouTube, kami mengambil pendekatan baru mengenai cara memonetisasi dan memberikan pernghargaan bagi para kreator atas konten mereka," tulis YouTube.

Konten video

Sama dengan TikTok dan Instagram Reels, Shorts juga merpakan platform yang fokus mengembangkan konten video gaes.

Bahkan kini ketiga paltform tersebut tengah mengembangkan empat aspek diantaranya video, kreator, shopping dan messaging.

BACA JUGA: Canggih, Pengguna TikTok Bisa Ajukan Lamaran Kerja Pakai Format Video Gaes

Bahkan nantinya platform tersebut bakal bereksperimen untuk menghadirkan pengalaman menonton video dengan cara baru.




ShortsYouTubeYouTube ShortsTikTokInstagram ReelsInstagramYouTube rilis platform shortstiktok viral

Share to: