Fakta-fakta Akhlak Award: Dihadiri Erick Thohir dan 4 Mantan Menteri BUMN Gaes

Fakta-fakta Akhlak Award: Dihadiri Erick Thohir dan 4 Mantan Menteri BUMN Gaes

Foto

Erick Thohir dan empat Mantan Menteri hadiri Akhlak Award (Foto Instagram: @actconsulting.co)


Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan empat mantan menteri sebelumnya menghadiri acara Akhlak Award pada Kamis 15 Juli 2021.

Mantan Menteri BUMN yang menghadiri acara tersebut diantaranya adalah Tanri Abeng, Mustafa Abubakar dan Dahlan Iskan yang juga dihadiri oleh Ary Ginanjar sebagai President ACT Consulting.

Acara Akhlak Award 2021 ini dilakukan secara virtual oleh ACT Consulting selaku penyelenggara gaes.

BACA JUGA: Ivermectin Disetujui BPOM Jadi Obat Terapi Covid-19, Bukti Kerja Keras Erick Thohir Selamatkan Warga

Akhlak Award menjadi momentum untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK dalam perusahaan tersebut.

AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif)

AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif sebagai core values dari perusahaan BUMN gaes.

Program ini telah digerakkan untuk memperkenalkan dan menghayati nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif agar bisa menjadi perilaku sehari-hari.

AKHLAK sudah ditetapkan oleh BUMN sejak setahun lalu tepatnya 1 Juli 2020 untuk menjadi suatu fokus yang tak kalah penting bagi perusahaan BUMN.

Akhlak Award

ACT Consulting mengadakan acara Akhlak Award sebagai bentuk momentum evaluasi terhadap sejauh mana keberhasilan implementasi AKHLAK dalam BUMN dan juga anak perusahaannya.

Acara ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada BUMN berdasarkan pemetaan dan pengukuran budaya organisasi yang sudah dilakukan terhadap 62 perusahaan tersebut sebelumnya.⁣⁣

Pemetaan dan pengukuran AKHLAK ini menggunaan metode AKHLAK Culture Healt Index (ACHI) yang diukur dan diikuti secara virtual oleh seluruh pegawai BUMN.

BUMN mendapatkan hasil implementasi AKHLAK dengan indeks rata-rata sebesar 43,0 persen yang berada dalam katogori C.

Hal ini artinya pegawai BUMN mengimplementasikan AKHLAK dalam perilaku sehari-hari hanya kadang-kadang.

Semetara itu, nilai masing-masing implementasi AKHLAK dari 62 BUMN yaitu sebesar 46,1 persen untuk Amanah, 51,7 persen untuk Kompeten, 38,3 persen untuk Harmonis, 36,3 persen untuk Loyal, 36,6 persen untuk Adaptif dan 49,7 persen untuk Kolaoratif.

Semua core value masuk dalam ketogori C atau rendah kecuali Kompeten yang masuk dalam kategori B atau cukup sehat.

ACT akan memberikan penghargaan dengan kategori BUMN sesuai dengan masing-masing core value AKHLAK yang terdiri dari juara 1 dan Runner Up 1 dan 2.

BACA JUGA: Bantu Penanganan Covid-19, Erick Thohir Terus Maksimalkan Peran BUMN Untuk Masyarakat Gaes

Dihadiri 3 Mantan Menteri BUMN

Selain itu, Akhlak Award yang rencananya dihadiri oleh empat mantan Menteri BUMN ini, ternyata hanya dihadiri oleh tiga mantan menteri saja yaitu Tanri Abeng, Mustafa Abubakar dan Dahlan Iskan.

Hal ini karena Sugiharto meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pertamina, Simprug Jakarta.




Erick ThohirETBUMNMenteri BUMNKementerian BUMNAkhlak AwardTanri AbengMustafa AbubakarDahlan IskanACT Consulting

Share to: