Cara Belanja Bulanan Agar Hemat untuk Bunda, Anak Kost hingga Perantau, Dijamin Bikin Tenang Gaes

Cara Belanja Bulanan Agar Hemat untuk Bunda, Anak Kost hingga Perantau, Dijamin Bikin Tenang Gaes

Cara Belanja Bulanan Agar Hemat untuk Bunda, Anak Kost hingga Perantau, Dijamin Bikin Tenang Gaes

Tips dan cara belanja bulanan hemat (Foto: Ilustrasi Pixabay)


Berikut adalah cara berhemat saat melakukan belanja bulanan untuk bunda, anak kost hingga perantau. Jangan sampai salah langkah gaes!

Mengetahui tips dan trik berbelanja hemat sangat lah penting diketahui, apa lagi bagi anak kost yang tengah menempuh pendidikan di perantauan.

Lingkaran hutang kerap menjadi masalah yang awalnya dikit namun menjadi bukit.

Baca Juga: Kumpulan Resep Viral TikTok, Lengkap dengan Cara Membuatnya yang Simple dan Bikin Ngiler

Nah, buat kamu anak kost yang merantau, berikut adalah cara berhemat saat melakukan belanja bulanan. Cocok juga buat ibu rumah tangga lho!

Manfaatkan Diskon Pelajar

Khusus untuk mahasiswa dan yang tengah merantau untuk kuliah, kamu harus banget memanfaatkan diskon pelajar.

Banyak toko dan restoran yang menerapkan hal ini. Gak hanya itu, biasanya kampus tertentu juga memberikan diskon bagi mahasiswanya untuk menikmati fasilitas berbayar di arena publik lho!

2. Kamar Kost Bersama

Buat kamu yang gak bermasalah untuk berbagi ruangan, nge-kost bareng teman adalah salah satu cara menghemat uang bulanan yang jitu. Daripada tinggal sendiri, kamu bisa menghemat jumlah yang signifikan setiap bulan.

Gak hanya itu, kamu juga dapat membagi tagihan listrik dan biaya furnitur bersama, menghemat lebih banyak uang setiap bulan.

3. Membeli Buku Bekas atau Thrifting

Thrifting tengah menjadi raja model belakangan ini. Bukan hanya murah, kamu juga bisa mendapatkan beberapa pakaian mahal yang tentunya bermerek.

Baca Juga: Vertical Short Film, Akun TikTok yang Suguhkan Film Pendek 3 Menit Berkualitas Tinggi

Harganya pun jauh lebih murah dari pada kamu harus membeli yang baru. Gak hanya baju, kamu yang kuliah juga bisa membeli buku-buku bekas untuk dipelajari.

Bagi ibu rumah tangga, hal ini juga bisa kok diterapkan. Hanya dengan mata yang tajam dan sedikit kesabaran, kamu bisa mendapatkan barang incaran sambil berhemat.

4. Hargai Barang yang Dimiliki

Selain berhemat, hal yang perlu kamu lakukan adalah hargai barang yang sudah kamu miliki. Kurangi perbuatan yang mengharuskan kamu untuk membeli barang baru yang harusnya belum perlu dibeli. 

5. Kerja Sampingan 

Dijaman serba online, apa lagi masa pandemi saat ini, banyak hal dan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Gunakan lah waktu luang kamu untuk menambah penghasilan.

Freelancer sebagai penulis adalah salah satu perkerjaan sambilan yang cocok banget untuk mahasiswa hingga ibu rumah tangga. 

6. Menghemat Tagihan Listrik

Sangat penting untuk menyadari berapa banyak energi yang dikonsumsi di rumah atau kost. Pastikan tidak ada perangkat, seperti laptop yang terus menyala hingga hampir 24 jam sehari.

7. Belajar Membuat Anggaran

Jika kamu serius dalam menghemat, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan keuangan adalah dengan mempelajari cara membuat anggaran. Kamu harus memiliki daftar yang solid tentang aliran pendapatan dan pengeluaran bulanan.

Baca Juga: Ini Daftar Tempat-Tempat yang Wajibkan Pengunjung Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan pengeluaran dan mulai menyisihkan sejumlah uang untuk mencapai tujuan tabunganmu.

8. Gaya Hiidup

Terakhir, kamu harus bisa membuang gengsi dan terapkan gaya hidup minimalis. 

Sederhananya, menjalani gaya hidup minimalis berarti memiliki lebih sedikit barang. Kamu hanya membeli barang yang benar-benar penting dan tidak tersedot ke dalam perangkap budaya materialistis.

Nah, itu dia cara menabung dan berhemat saat melakukan belanja bulanan untuk bunda, anak kost hingga perantau.




Cara BelanjaTips HematTips Belanja HematBelanja BulananBelanja Bulanan HematMengehmat Belanja BulananCara Hemat Belanja BulananHemat Belanja untuk anak kostBelanja hemat ala perantau

Share to: