10 Daftar Aksesoris Baju Adat Lampung Lengkap Artinya, Trending Dipakai Jokowi Dalam Upacara HUT 76 RI

10 Daftar Aksesoris Baju Adat Lampung Lengkap Artinya, Trending Dipakai Jokowi Dalam Upacara HUT 76 RI

10 Daftar Aksesoris Baju Adat Lampung Lengkap Artinya, Trending Dipakai Jokowi Dalam Upacara HUT 76 RI

Foto: Kolase Daftar Aksesoris Baju Adat Lampung


Pakaian adat Lampung yang memiliki nama Tulang Bawang menjadi trending pasca dipakai Presiden Jokowi dalam upacara HUT 76 RI gaes.

Tulang Bawang sendiri memiliki banyak aksesoris pelengkapnya lho. Baju khas Lampung yang terbagi menjadi dua suku adat Saibatin dan Pepadun ini memang sangat terlihat menarik juga mewah ketika digunakan gaes.

BACA JUGA: Fakta-fakta Baju Adat Lampung yang Dipakai Presiden Jokowi untuk Pimpin HUT 76 Indonesia

Ada Siger yang menjadi mahkota untuk wanita, Gelang Burung yang digunakan oleh pihak laki-laki dan juga ada beberapa lainnya lho. Semua aksesoris tersebut juga memiliki arti tersendiri gaes, penasaran kan. Berikut daftar aksesoris pelengkap pakaian Tulang Bawang khas adat Lampung yang viral dipakai Presiden Jokowi dalam upacara HUT 76 RI.

Daftar Aksesoris Baju Adat Lampung

1. Siger

Siger atau yang biasa disebut mahkota untuk perempuan ini terbuat dari emas lho gaes. Mahkota ini berbentuk gerigi lancip yang punya lekak-lekuk. Siger memiliki 9 ruji yang mempunyai arti atau simbol 9 sungai di Lampung. 9 Sungai tersebut diantaranya Way Sekampung, Way Seputih, Way Abung Pareng, Way Kanan, Way Tulang Bawang, Way Semangka, Way Sunkai, Way Mesuji, dan Way Kanan

2. Kopiah Emas

Mahkota yang digunakan pihak pria ini berbahan kuningan dengan bertahta karangan bunga. Kopiah emas ini berbentuk bulat ke atas dan ujungnya beruji-ruji.

3. Seraja Bulan

Seraja bulan merupakan mahkota kecil yang memiliki 3 ruji yang biasanya terletak di atas Siger dan berjumlah 5 buah. Seraja bulan memiliki arti filosofi yakni melambangkan bahwa dulu pernah ada 5 kerajaan yang berkuasa di Lampung. 5 Kerajaan tersebut adalah ratu dipuncak, ratu dipunggung, ratu dibelalau, ratu dipemanggilan dan ratu darah putih. Tak hanya itu saja gaes, Seraja bulan juga mempunyai makna 5 falsafah hidup seperti harga diri, terbuka tangan, hidup bermasyarakat, bernama bergelar dan bergotong royong.

4. Gelang Burung

Aksesoris Gelang Burung digunakan oleh pihak laki-laki gaes. Gelang Burung dipakai pada bagian bahu yang terbuat dari logam kuning keemasan dan merupakan simbol kebebasan.

5. Subang

Subang adalah anting yang digunakan di ujung daun telinga bagi perempuan. Subang terbuat dari emas dan menyerupai buah kenari.

6. Kalung Papan Jajar

Kalung ini berbentuk 3 lempengan perahu yang tersusun secara berbeda-beda gaes. Kalung Papan Jajar yang digunakan pihak laki-laki dalam adat Lampung ini memiliki filosofi simbol dari suatu kehidupan yang baru yang akan dijalani dan diwariskan secara turun – temurun.

7. Kalung Buah Jukum

Kalung Buah Jukum terdiri dari miniatur buah jukum lho. Mempunyai wujud yang tidak jauh beda dengan Kalung Papan Jajar, Kalung Buah Jukum memiliki filosofi simbol doa agar para pengantin segara mempunyai keturunan. Kalung Buah Jukum biasa digunakan dalam acara pernikahan gaes.

8. Gelang Kano

Gelang berbentuk bulat ini digunakan di bawah Gelang Burung gaes. Gelang Kano memiliki arti filosofi sebagai lambang pembatas tentang semua perbuatan buruk setelah menikah.

9. Selapai

Kain Selendang yang satu ini selalu diselempangkan dari bahu. Selapai terdiri dari selendang Jung Sarat, Kain Cindai, Kain Sebagi, Kain Putih atau Merah dan Kuning yang digabungkan menjadi selapai. Kain Selapai memiliki arti filosofi status sosial seseorang gaes.

10. Pending

Pending adalah ikat pinggang berukir burung merak yang memiliki arti filosofi kekuasaan, keagungan dan kewibawaan yang bisa digunakan bagi pihak perempuan ataupun laki-laki dalam adat Lampung.

BACA JUGA: 5 Foto Gaya Jokowi Gunakan Baju Adat Lampung saat 17 Agustus, Kalcer Abis

Selain 10 aksesoris diatas, masih ada lagi gaes lainnya seperti Bulu Serette, Gelang Ruwi, Gelang Bibit, Bebe, Gharu, Bellatung, Ikat Pujuk atau Kikat Akinan dan Selempang Pinang.

Nah itulah gaes aksesoris yang digunakan saat menggunakan baju adat Tulang Bawang khas Lampung. Semakin kenal kan dengan baju aksesoris baju Adat Lampung yang trending dipakai Jokowi dalam upacara HUT 76 RI.




adat lampungbaju adat lampungdaftar aksesoris tulang bawangtulang bawang adat lampungbaju tulang bawangjokowi baju adat lampungviral baju adat lampungmengenal baju adat lampungtulang bawang

Share to: