Sinopsis dan Fakta Menarik Film The East aka De Oost, Film Perang Belanda - Indonesia yang Viral di TikTok

Sinopsis dan Fakta Menarik Film The East aka De Oost, Film Perang Belanda - Indonesia yang Viral di TikTok

Foto

Kolase foto dan Sinopsis hingga Fakta Menarik Film The East aka De Oost (Foto: Berbagai sumber)


Baru-baru ini jagat TikTok tengah dihebohkan dengan film berjudul The East aka De Oost. Simak yuk sinopsis dan fakta menarik film The East aka De Oost, film mengisahkan tentang perang antara Belanda dan Indonesia. 

Film The East atua yang juga dikenal De Oost merupaakn film yang disutradarai oleh Jim Taihuttu. Film ini perdana tayang di Festival Film Belanda pada 25 September 2020 lalu. 

Film The East aka De Oost sudah dirilis di Prime Video pada 13 Mei 2021 lalu gaes. Namun, film bertajuk The East aka De Oost baru-baru ini viral di TikTok. Banyak cuplikan adegan menarik dari film ini yang bertebaran di TikTok. 

Nggak heran deh kalau publik pun mulai mencari tau sinopsis hingga fakta menarik film The East aka De Oost. Ini dia sinopsis dan sederet fakta menarik film The East aka De Oost yang berhasil dirangkum KUYOU buat kamu. 

Sinopsis film The East aka De Oost

The East aka De Oost menceritakan tentang prajurit muda Belanda bernama Johan yang bertugas untuk menekan gerakan kemerdekaan Indoneisa pasca Perang Dunia II. 

Selama Johan datang dan bertugas, ia melihat beragam kekejaman tentara Belanda terhadap rakyat Indonesia. Johan awalnya sangat mengagumi gaya kepemimpinan Wsterling, namun seiring berjalannya waktu, ia tak lagi bisa membedakan baik dan buruk karena perlakuan Westerling yang begitu kejam.

Raymond Westerling sendiri merupakan seorang komandan pasukan Belanda yang dikenal kejam. Pasalnya, ia adalah dalang di balik tragedi pembantaian terhadap ribuan warga sipil di Sulawesi pada 1946 - 1947. 

Pemeran The East aka De Oost

Film The East ini diperankan oleh sederet aktor dan aktris dari Belanda dan Indonesia. Ini dia beberap aktor dan aktris pemeran film The East.

- Martjin Lakemeier sebagai Johan

- Marwan Kenzari sebagai Raymond Westerling

- Jonas Smulders sebagai Matthijs

- Joes Brauers sebagai Herman Keizer

- Huub Smit sebagai Letnan Harman

- Jeroen Perceval sebagai Jensssen

- Peter Paul Muller sebagai Mayor Penders

- Jim Deddes sebagai Wener

- Reinout Scholten Van Aschat sebagai Tinus

- David Wristers sebagai Marcus Waterman

- Abel Van Gijlswijk sebagai Charlie

- Coen Bril sebagai Eddy

- Putri Ayudya sebagai Mura

- Lukman Sardi sebagai Bakar

Pengambilan gambar langsung dilakukan di Indonesia

Karena ini film yang berlatar tempat Indonesia, pengambilan gambar film The East dilakukan di Indonesia secara langsung. Hampir 90 persen proses shooting film ini dilakukan di Indonesia dengan melibatkan banyak kru dan aktor dari Indonesia. 

Mendapat kritik keras dari Masyarakat Belanda

Film satu ini mendapat kritik keras dari Federatie Indische Nederlanders (FIN) atau Federasi Masyarakat Belanda Indonesia. Mereka juga mengajukan keberatan secara hukum atas film The East.

Pasalnya, mereka menilai film ini terlalu vulgar karena menunjukkan kekejaman prajurit Belanda dan mengingtakn kembali kekejaman tersebut di Indonesia. 

Nggak cuma itu aja gaes, mereka juga keberatan dnegan penggambaran karakter Raymond Westerling yang berkumis seperti Adolf Hitler. FIN juga menuntut adanya keterangan di awal film terkait film ini hanyalah fiksi belaka. 

Meski begitu, produser film The East tak setuju dengan hal tersebut. Pada sisi lain, sutradara film ini juga mengungkap bahwa beragam perilaku hingga ucapan para prajurit Belanda dalam film ini didasarkan pada catatan harian prajurit pelaku.

Nah itu dia gaes sinopsis dan sederet fakta menarik film The East aka De Oost, film perang Belanda - Indonesia yang viral di TikTok gaes. 




The East aka De OostSinopsis The East aka De OostFakta menarik The East aka De OostPemeran The East aka De OostThe EastDe Oostfilm The EastFakta film The Eastsinopsis film The East

Share to: