Cerita Sukmawati, Putri Soekarno yang Pindah Agama Hindu Pada Usia 70 Tahun

Cerita Sukmawati, Putri Soekarno yang Pindah Agama Hindu Pada Usia 70 Tahun

Cerita Sukmawati, Putri Soekarno yang Pindah Agama Hindu Pada Usia 70 Tahun

Cerita Sukmawati Pindah Agama Hindu (Foto: Berbagai sumber)


Sukmawati Soekarnoputri baru-baru ini bercerita bagaiamana proses perpindahan agama yang ia lakukan. Sukmawati pindah agama dari Islam ke Hindu pada usianya yang ke 70 tahun.

Sukmawati Soekarnoputri baru-baru ini menggemparkan publik, sebab di usianya yang ke 70 tahun, ia baru saja menjalani ritual perpindahan agama ke Hindu pada 26 Oktober 2021. Ia menjalani upacara Sudhi Wadani di Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Desa Paket Agung, Kabupaten Buleleng, Bali.

Sukmawati pun bercerita bagaimana proses perpindahan agama dari Islam dan ke Hindu. Dimana, ia sudah lama mempelajari agama Hindu secara mendalam gaes. Mengingat sang nenek  yang merupakan ibu dari Soekarno, Ida Ayu Nyoman Rai merupakan penganut agama Hindu.

Baca Juga: Biodata Sukmawati Soekarnoputri Lengkap Umur dan Agama, Putri Presiden Soekarno yang Putuskan Pindah Agama Hindu

Cerita Sukmawati Pindah Agama Hindu di Usia ke 70 Tahun

Sukmawati merupakan anak ke empat dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Sukamawati sejak lahir sudah diperkenalkan dengan agama Islam. Sukmawati menyebut selama ini menjalani ajaran agama mengalir begitu saja. Sebagai seorang muslim, ia pun berusaha memahami ajaran agama Islam.

"Tetapi terutama kan ibu sejak lahir ditiupkan Islam di kuping, tapi artinya orang tua ibu, kedua beliau itu memang Islam pastinya ya mengarahkan sejarah bagaimana Islam, ajaran Islam," kata Sukmawati dalam konferensi pers, 26 Oktober 2021.

"Tapi kemudian ibu pun berusaha pahami Islam, walaupun bagi ibu yang penting bukan saya jadi orang suci, tapi bagaimana saya jadi orang baik bagi masyarakat," ujarnya menambahkan.

Sukmawati bercerita bahwa ia tidak pernah ada pikiran untuk pindah agama selama orang tua serta suaminya masih hidup, meski sudah mulai mempelajari Hindu. 

"Jadi belum terpikirlah demikian, dengan menghormati orang tua jadi ibu tidak terpikir walaupun agama Hindu sudah banyak ibu pelajari dari menarik di batin ibu. Cuma setelah enggak ada, saya punya suami yang secara Islam, saya juga hormat dan toleransi kepada suami yang Islam yang juga berusaha memberikan pengatahuan Islam kepada ibu," ujarnya.

Orang tua Sukamawati, Soekarno telah meninggal dunia pada 21 Juni 1970, sedangkan sang ibu, Fatmawati meninggal dunia pada 14 Mei 1980. Sedangkan sang mantan suami, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX telah meninggal dunia pada 13 Agustus 2021. 

Jadi, di tahun 2021 ini dimana ia menginjak usia yang ke 70 tahun, merupakan waktu yang pas baginya untuk pindah agama ke Hindu.

Sukmawati berkata pikiran untuk pindah memeluk Hindu mulai ada setelah suaminya meninggal dunia. Menurutnya, Hindu menjadi agama pilihannya karena memiliki keintiman dengan masyarakat Bali.

"Bali dengan Hindu, dengan seni budaya itu kan cukup kental. Seni budaya segala macam di Bali kental dengan Hindu. Kurang lebihnya setelah tidak terikat orang-orang dekat yang Islam, kemudian ibu lebih dalami Hindu kemudian ibu pikir ya sudah waktunya proses ini ibu beralih memeluk agama leluhur," kata Sukmawati.

Baca Juga: Fakta, Video dan Lagu JAESJIO/Yaesyo, Propaganda Jepang yang Sempat Dibolehkan Soekarno, Gen Z Wajib Tahu

Nah, itulah cerita Sukmawati Soekarnoputri bagaiamana proses perpindahan agama yang ia lakukan. Sukmawati pindah agama dari Islam ke Hindu pada usianya yang ke 70 tahun.




Sukmawati SoekarnoputriSukmawati pindah agamaSukmawati pindah agama HinduCerita Sukmawati pindah agamaAlasan Sukmawati pindah agamaKapan Sukamawati pindah agamaAgama Sukmawati Soekarnoputri sekarang

Share to: