Viral Kalis Mardiasih Tulis Surat untuk Novia Widyasari: Kamu Simbol Perlawanan

Viral Kalis Mardiasih Tulis Surat untuk Novia Widyasari: Kamu Simbol Perlawanan

Viral Kalis Mardiasih Tulis Surat untuk Novia Widyasari: Kamu Simbol Perlawanan

Kolase Foto Viral Kalis Mardiasih Tulis Surat untuk Novia Widyasari: Kamu Simbol Perlawanan (Foto: Instagram @kalis.mardiasih)


Kasus pemerkosaan Novia Widyasari menarik perhatian banyak orang. Salah satunya adalah penulis Kalis Mardiasih. 

Kalis Mardiasih menulis surat untuk Novia Widyasari bertajuk 'Surat untuk Novia Widyasari, Harum Namamu Kini'. Surat tersebut diunggah melalui akun Instagram Kalis Mardiasih Pada Minggu, 5 Desember 2021. 

"Dear Novia, maaf aku terlambat mengenalmu. Saat namamu ramai dibicarakan orang hari ini sebagai korban, aku menaruh namamu abadi dalam detak nadiku," tulis Kalis Mardiasih.

Dalam surat tersebut Kalis Mardiasih mengungkap bahwa ia tak mau menutupi nama Novia atau menyingkat namanya. Bukan tanpa alasan, Kalis menganggap nama Novia Widyasari sebagai simbol perlawanan.  

"Aku tak mau menutupi atau menyingkat namamu, sebab kamu bukan aib," kata Kalis. 

"Bagikut kini, kamu adalah simbol perlawanan. Namamu kutempatkan di tempat tinggi yang paling mulia. Sebagaimana Korban kekerasan seksual lain yang telah mealawan dengan sehormat-hormatnya," tulisnya lagi. 

Kalah demi nama baik

Tak hanya itu, Kalis juga mengungkap keprihatinanya ketika Novia kalah demi nama baik, kehormatan, hingga kemuliaan kepentingan laki-laki. 

"Ada nama baik laki-laki yang harus dijaga, seperti ada nama baik lembaga pendidikan yang dikuasai laki-laki, nama baik perguruan tinggi yang dikuasai laki-laki, ruang kerja yang dikuasai laki-laki, lembaga penegak hukum yang dikuasai laki-laki..." kata Kalis. 

"Sayang sekali, demi nama baik itu, kamu mesti kalah," tambahnya lagi. 

BACA JUGA: Viral Surat Pernyataan Ibu Novia Widyasari Soal Autopsi, Ternyata Begini Isi Lengkap Suratnya

Berterima kasih kepada Novia

Kalis juga mengungkap rasa terima kasihnya kepada Novia yang telah berusaha dan bertahan cukup lama demi mencari bantuan. 

"Terima kasih telah mengabarkan kepada kami jika kamu telah cukup lama bertahan dan telah melalui proses pencarian bantuan yang tak singkat," ungkap penulis Kalis Mardiasih. 

"Negara ini berhutang untuk nyawamu. Seperti kemarin-kemarin ia menghutang nyawa untuk nama-nama korban kekerasan seksual lainnya," tambahnya.

Novia petarung yang tangguh

Novia dinilai menjadi petarung yang tangguh karena telah melakukan berbagai prosedur untuk memperjuangkan martabatnya sebagai seorang manusia. 

"Novia Widyasari, kamu adalah petarung yang tangguh. Kamu telah melakukan semua prosedur yang mesti kamu lakukan untuk memperjuangkan martabatmu sebagai manusia. Di tengah semua luka fisik dan batinmu, kamu pun masih sempat membagikan kabar kepada kami secara kronologis lewat surat demi surat yang kau tulis," kata Kalis. 

BACA JUGA: Cita-Cita Ingin Menjadi Guru, Inilah Alasan Novia Widyasari yang Bikin Terharu

Minta korban kekerasan bertahan dan berjuang bersama

Dalam surat itu, Kalis juga memberikan beberapa pesan untuk para korban kekerasan dalam pacaran (KDP) yang tengah berada dalam situasi seperti Novia. 

Kalis meminta mereka bertahan dan berjuang bersama-sama. Ia juga memberikan beberapa akses kepada para korban tersebut untuk melapor. 

"Teman2 korban kekerasan dalam pacaran (KDP) berada dalam situasi sulit seperti Novia, silakan mengakses @carilayanan @KomnasPerempuan @LBHAPIK/ Pengada layanan lain," ungkap pesan Kalis. 

"Please, bertahan. Saya butuh kalian agar kita bisa berjuang bersama-sama. Please, bertahan," tutup surat Kalis Mardiasih. 

BACA JUGA: Ini Curhatan Novia Widya Sari di Quora Sebelum Bunuh Diri: Ibu Memohon Saya Tetap Hidup

Nah itu dia gaes beberapa isi surat Kalis Mardiasih untuk Novia Mardiasih yang diunggah melalui Instagram Kalis pada 5 Desember 2021.




Kalis MardiasihSurat Kalis MardiasihIsi Surat Kalis MardiasihPoint Kalis MardiasihViral Surat Kalis MardiasihSurat Untuk Novia WidyasariNovia WidyasariKasus Pemerkosaan Novia WidyasariNovia Widyasari Bunuh DiriFakta Kasus Pemerkosaan Novia WidyasariKasus Bunuh Diri Novia Widyasari

Share to: