Arti Kata dan Makna Psywar di Dunia Olahraga, Viral di Dilakukan Para Atlet?

Arti Kata dan Makna Psywar di Dunia Olahraga, Viral di Dilakukan Para Atlet?

Foto

Apa itu Psywar di Dunia Olahraga (Foto: Ilustrasi Pixabay)


Berikut adalah ulasan lengkap arti kata dan makna Psywar di dunia olahraga, istilah yang viral dilakukan oleh para atlet yang wajib kamu ketahui.

Psywar adalah singkatan dari psychological warfare yang memiliki arti untuk menunjukkan tindakan apa pun yang dilakukan terutama dengan metode psikologis dengan tujuan membangkitkan reaksi psikologis yang direncanakan pada orang lain.

Berbagai teknik digunakan, dan ditujukan untuk memengaruhi sistem nilai, sistem kepercayaan, emosi, motif, penalaran, atau perilaku audiens target.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Horanghae yang Viral Digunakan Hoshi Seventeen, Ini Penjelasannya

Nah, istilah atau tindakan ini biasa digunakan para atlet untuk memprovokasi lawan dalam selama tatap muka dan sentuhan fisik. Psywar berguna untuk mendapatkan keuntungan serius dalam permainan atau olahraga.

Apa itu Psywar?

Beberapa waktu yang lalu, Kapten Tim Nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam jadi perbincangan karena melakukan aksi viral saat pertandingan Indonesia melawan Singapura pada Sabtu, 25 Desember 2021 lalu.

Asnawi mendatangi penyerang Singapura Faris Ramli dalam pertandingan Indonesia vs Singapura pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020. Dia disebut-sebut menghampiri Faris Ramli yang gagal membobol gawang Nadeo Argawinata saat melakukan tendangan penalti. 

Baca Juga: Gara-gara Hal Ini Kapten Asnawi Mangkualam Kena Tegur Shin Tae-yong, Netizen: Respect

Aksi tersebut dinilai tak terpuji hingga mendapat teguran tegas dari sang pelatih, Shin Tae-yong.

Menurut Asnawi Mangkualam sendiri, aksi tersebut bukan bertujuan untuk meledek Faris Ramli. Pesepakbola berusia 22 tahun ini juga mengaku saat itu ia hanya mengucapkan terima kasih kepada Faris. 

Nah, banyak netizen yang menilai bahwa aksi Kapten Timnas ini merupakan salah satu contoh tindakan Psywar.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Psywar adalah singkatan dari psychological warfare yang memiliki arti untuk menunjukkan tindakan apa pun yang dilakukan terutama dengan metode psikologis dengan tujuan membangkitkan reaksi psikologis yang direncanakan pada orang lain.

Secara teknis, tindakan ini tidak ilegal. 

Sepanjang sejarah olahraga, semua yang berhubungan dengan pertandingan dapat melakukan apa yang diperlukan untuk memberi tim atau petarung mereka keunggulan dalam pertarungan atau pertandingan tersebut. 

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Dump Trend Sosmed Viral, Penjelasan Desember dan 2021 Dump

Gak hanya di Indonesia, beberapa atlet kelas dunia juga melakukannya lho. Mereka adalah Michael Jordan, pelatih Celtics Arnold, hingga Muhammad Ali.

Nah, itu dia arti kata dan makna Psywar di dunia olahraga. Istilah yang viral dilakukan oleh para atlet yang wajib kamu ketahui.




PsywarApa itu PsywarArti PsywarPsywar AdalahDunia Olahraga PsywarArti Psywar Dunia OlahragaAtlet Lakukan PsywarMakna PsywarPenjelasan PsywarUlasan PsywarContoh Psywar

Share to: