Arti Kata dan Makna Klitih, aktivitas Berbahaya yang Viral di Jogja

Arti Kata dan Makna Klitih, aktivitas Berbahaya yang Viral di Jogja

Arti Kata dan Makna Klitih, aktivitas Berbahaya yang Viral di Jogja

Kolase Foto ilustrasi Klitih, aktivitas Berbahaya yang Viral di Jogja (Foto: Berbagai sumber)


Kini aktivitas berbahaya Klitih tengah viral di Jogja. Publik pun bertanya-tanya apa arti kata dan makna klitih? Simak penjelasannya berikut ini gaes. 

Klitih adalah sebuah aktivitas yang berarti 'mencari angin'. Kata klitih sendiri cukup populer di kalangan masyarakat Jogja. Namun, baru-baru ini klitih sendiri memiliki pergeseran makna menjadi sebuah aktivitas berbahaya yang mengancam nyawa seseorang. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Psywar di Dunia Olahraga, Viral di Dilakukan Para Atlet?

Pasalnya, klitih bukan hanya sekedar jalan-jalan atau mencari angin, aktivitas klitih ini dijadikan ajang untuk membuat onar di jalanan, seperti pembacokan, penganiayaan, dan lain sebagainya. 

Sasarannya pun bisa siapa saja, dari tua muda perempuan hingga laki-laki. Berbeda dengan begal yang sengaja melancarkan aksinya demi harta, klitih ini tak mengincar harta, melainkan hanya memuaskan adrenalin para pelakunya. Tak heran Klitih ini sangat meresahkan warga Jogja. 

Arti kata dan makna klitih

Klitih pada dasarnya memiliki arti aktivitas positif untuk mengisi waktu luang, seperti keluyuran atau mencari angin. Klitih biasanya diartikan sebagai aktivitas mengendarai motor di sekeliling rumah atau tongkrongan. 

Klitih juga diartikan sebagai JJS, sunmori, night ride yang kini lebih dikenal masyarakat di luar Jogja. Namun, klitih tersebut kini telah bergeser maknanya.

Awal mula pergeseran klitih tersebut saat beberapa geng di Jogja kerap berkeliling di area tertentu untuk adu keberanian. Jika salah satu geng tersebut bertemu dengan musuhnya di jalanan, mereka kerap menggertak dengan menendang motor. 

Dari situlah Klitih mulai kerap muncul seiring dengan tumbuhnya geng-geng SMA di Jogja. Klitih ala geng SMA ini biasanya menyerang sesama geng SMA yang dianggap sebagai musuh. 

Meski begitu, aksi klitih ini ala geng SMA ini sempat meredup pada tahun 2018 hingga 2019 setelah banyak geng SMA dibubarkan karena memakan banyak korban. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Horanghae yang Viral Digunakan Hoshi Seventeen, Ini Penjelasannya

Klitih kembali marak di Jogja

Namun, Klitih kini kembali marak di Jogja. Pelakunya bukan lagi geng SMA, namun geng veteran yang lebih kecil dan mobile. Salah satu yang populer di Jogja adalah geng RKS.

Geng RKS inilah menjadi pionir klitih yang menyerang warga umum Jogja. Klitih tak lagi memiliki sasaran pasti, baik geng tertentu maupun geng dengan background almamater SMA. 

Terbukti klitih ini menyerang seorang perempuan yang tengah melintas di sekitar Jalan Kaliurang pada sekitar pukul 4 pagi hari. Ia mengaku sempat dipepet oleh sebuah mobil di sebelah kanan dan motor sebelah kiri. 

Pengendara motor tersebut masih terus mepet dan tiba-tiba memegang tangan perempuan tersebut. Dari situlah perempuan tersebut sadar bahwa tangannya mengalami luka. Cerita ini viral di Twitter.

 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Dump Trend Sosmed Viral, Penjelasan Desember dan 2021 Dump

Nah itu dia arti kata dan makna klitih yang kini tengah viral di Jogja. Hingga kini, aktivitas berbahaya Klitih masih menjadi momok menakutkan bagi warga Jogja. 




KlitihApa itu KlitihArti kata KlitihArti KlitihKlitih adalahKlitih apaMakna Klitiharti kata dan makna Klitihaktivitas Klitihkorban KlitihKlitih berbahayaKlitih viral di Jogja

Share to: