Biodata dan Profil Yaqut Cholil Qoumas: Umur dan Pendidikan, Menteri Agama Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing

Biodata dan Profil Yaqut Cholil Qoumas: Umur dan Pendidikan, Menteri Agama Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing

Biodata dan Profil Yaqut Cholil Qoumas: Umur dan Pendidikan, Menteri Agama Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing

Potret Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing (Foto: Instagram @gusyaqut)


Yuk simak biodata dan juga profil Yaqut Cholil Qoumas, lengkap umur dan pendidikan, Menteri Agama bandingkan toa Masjid dengan gonggongan anjing.

Yaqut Cholil Qoumas adalah Menteri Agama Republik Indonesia saat ini. Yaqut Cholil Qoumas lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Umur Yaqut Cholil Qoumas adalah 47 tahun.

Yaqut Cholil Qoumas kini sedang ramai dibicarakan karena membandingkan suara toa Masjid dengan suara gonggongan anjing.

Baca Juga: Biografi dan Profil Agung Suprio, Ketua KPI yang Diminta Mundur Karena Kasus Perundungan

Buat kamu yang penasaran dengan sosoknya, yuk simak biodata dan juga profil Yaqut Cholil Qoumas, lengkap umur dan pendidikan, Menteri Agama bandingkan toa Masjid dengan gonggongan anjing.

1. Profil Yaqut Cholil Qoumas

Yaqut Cholil Qoumas merupakan Menteri Agama Republik Indonesia di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Yaqut Cholil Qoumas kini berusia 47 tahun dan menganut agama Islam. Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi yang terkena reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi.

2. Pendidikan Yaqut Cholil Qoumas

Yaqut Cholil Qoumas diketahui lulus dari SDN Kutoharjo (1981–1987). Lalu ia  melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987–1990) dan melanjutkan ke SMAN II Rembang (1990–1993).

Yaqut Cholil Qoumas sempat berkuliah di Universitas Indonesia jurusan Sosiologi, namun ia kuliahnya tersebut tidak selesai.

3. Karier Yaqut Cholil Qoumas

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini lahir dari keluarga pendiri dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Yaqut sudah aktif berorganisasi sejak muda. Dan inilah daftar jabatan yang pernah dijabat oleh Yaqut Cholil Qoumas, diantaranya adalah:

- Pendiri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Depok (1996-1999)

- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang (2001–2014)

- Anggota DPRD Kabupaten Rembang (2004–2005)

- Wakil Bupati Rembang (2005–2010)

- Ketua Umum PP GP Ansor (2015-sekarang)

- Anggota DPR RI (2014-2020)

- Menteri Agama RI (2020-sekarang)

4. Bandingkan Suara Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing

Baru-baru ini, Yaqut Cholil Qoumas menjadi bahan perbincangan setelah pernyataannya yang membandingkan suara toa Masjid dengan gonggongan anjing.

Yaqut Cholil Qoumas sendiri menyebut penggunaan pengeras suara atau toa di Masjid harus diatur, agar tidak mengganggu warga yang non muslim.

Lebih lanjut, Gus Yaqut membandingkan suara toa Masjid dengan gonggongan anjing. Ia mengatakan suara toa Masjid yang agak keras sering menjadi keluhan warga non muslim.

lalu ia membandingkannya dengan ketika seorang muslim yang tinggal bertetanggan dengan non muslim yang memelihara anjing, ia menyebut pasti seorang muslim tersebut akan terganggu dengan adanya suara gonggongan anjing.

"Kita bayangkan, saya Muslim saya hidup di lingkungan nonmuslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?" kata Yaqut.

"Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan," tambahnya.

Pernyataan tersebut pun viral, banyak netizen yang memberikan kritik kepada Menteri Agama tersebut atas pernyataan viral ini.

5. Biodata Yaqut Cholil Qoumas

Nama lengkap:Yaqut Cholil Qoumas
Nama panggilan:Yaqut / Gus Yaqut
Kota asal:Rembang, Jawa Tengah
Tanggal lahir:4 Januari 1975
Umur:47 tahun
Agama:Islam
Orangtua:K.H. Cholil Bisri (ayah)
Pasangan:-
Pendidikan:Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi (Tidak lulus)
Pekerjaan:Menteri Agama, Politikus, Ketua PP GP Ansor
Akun Instagram:

@gusyaqut

Baca Juga: Biodata dan Profil Arnold Putra: Umur, Agama dan Karier, Desainer Viral Diduga Gunakan Organ Manusia Untuk Fashion

Nah, itulah biodata dan profil lengkap dari Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama bandingkan toa Masjid dengan gonggongan anjing.




Menteri AgamaMenteri Agama toa masjidYaqut Cholil QoumasBiodata Yaqut Cholil QoumasProfil Yaqut Cholil QoumasUmur Yaqut Cholil QoumasAgama Yaqut Cholil QoumasKarier Yaqut Cholil QoumasPendidikan Yaqut Cholil QoumasYaqut Cholil Qoumas toa masjid

Share to: