Biografi dan Profil Arifin Panigoro: Umur, Agama, dan Karier, Raja Minyak Indonesia yang Meninggal Dunia

Biografi dan Profil Arifin Panigoro: Umur, Agama, dan Karier, Raja Minyak Indonesia yang Meninggal Dunia

Biografi dan Profil Arifin Panigoro: Umur, Agama, dan Karier, Raja Minyak Indonesia yang Meninggal Dunia

Kolase Foto dan Biografi Profil Arifin Panigoro: Umur, Agama, dan Karier, Raja Minyak Indonesia yang Meninggal Dunia (Foto: Berbagai Sumber)


Ini dia biografi dan profil Arifin Panigoro, raja minyak Indonesia sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang meninggal dunia. 

Arifin Panigoro adalah politikus sekaligus raja minyak RI kelahiran 14 Maret 1945. Umur Arifin Panigoro adalah 76 tahun dan agamanya adalah Islam. 

Arifin Panigoro meninggal dunia pada Minggu, 27 Februari 2022 di Mayo Clinic, Amerika Serikat. Arifin Panigoro dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di industri minyak Indonesia sejak 1980-an. 

BACA JUGA: Biodata Andre Rosiade, Lengkap Umur dan Agama, Pendiri BEM SI yang Jadi Politikus

Seperti apa sosok Arifin Panigoro? Ini dia biografi dan profil Arifin Panigoro yang disajikan lengkap dengan umur, agama, hingga kariernya. 

1. Pendidikan Arifin Panigoro

Meski berdarah dari Gorontalo, Arifin Panigoro lahir dan menghabiskan masa mudanya di Bandung, Jawa Barat. Ia menempuh pendidikan Sekolah Rakjat hingga SMA di Bandung, tepatnya di SMA Negeri 2 Bandung. 

Arifin Panigoro melanjutkan pendidikannya di Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung dan lulus pada tahun 1973. Ia juga sempat menempuh pendidikan di Senior Executive Programme Institute of Business Admnistration, Fountainebleau, Prancis.

2. Karier Arifin Panigoro

Arifin Panigoro mengawali kariernya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Ia juga memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. 

Bersama Medco, Arifin Panigoro mencatat sejara besar ketika berhasil membeli PT Stanvac melalui tender. Ia lalu merubahnya menjadi Expan. 

Arifin Panigoro juga dikenal sebagai pendiri Meta Epsi Drilling Company atau PT Medco Energi International. Ia berhasil membuktikan bahwa pengusaha Indonesia bisa mengelola perusahaan minyak bumi berkualitas baik dan tak kalah dibanding perusahaan asing.

BACA JUGA: Biodata dan Profil Tri Adhianto: Umur, Agama dan Karier, Politikus PLT Walikota Bekasi

3. Karier politik Arifin Panigoro

Selain menjalani karier sebagai pebisnis, Arifin Panigoro juga sukses berkarier di dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada tahun 1999. Saat itu, ia berhasil terpilih menjadi anggota DPR.

Pada tahun 2002-2002, Arifin Panigoro terpilih menjadi Ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP. Ia kembali terpilih di DPR RI dari dapil Banten 1. 

Pada tahun 2005, Arifin Panigoro memutuskan untuk hengkang dari PDIP dan membentuk Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

4. Menjabat sebagai anggota Wantimpres

Arifin Panigoro menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sejak tahun 2019. 

5. Biografi dan Profil Arifin Panigoro

Nama lengkap:

Arifin Panigoro

Asal:

Bandung, Jawa Barat

Tanggal lahir:

14 Maret 1945

Meninggal:

27 Februari 2022

Umur:

76 tahun (2021)

Agama:

Islam

Pendidikan:

Institut Teknologi Bandung, Teknik Elektro

Profesi:

Pengusaha, Politikus

Istri:

Raisis Kartiwa

Anak:

Maera Hanafiah Arifin Panigoro, Yasser Mairi Arifin Panigoro

BACA JUGA: Biodata dan Profil Ferdinand Hutahaean: Umur, Agama dan Karier, Politikus Demokrat Viral jadi Tersangka

Nah itulah biografi dan profil Arifin Panigoro yang disajikan lengkap dengan umur, agama, hingga kariernya. Arifin Panigoro adalah raja minyak RI yang dikabarkan meninggal dunia.




Arifin PanigoroBiografi Arifin PanigoroProfil Arifin PanigoroUmur Arifin PanigoroAgama Arifin PanigoroArifin Panigoro Meninggal DuniaBiodata Arifin PanigoroKarier Arifin Panigoro

Share to: