8 Maret 2022 Adalah Hari Perempuan Internasional, Ini Fakta Profil dan Ulasannya

8 Maret 2022 Adalah Hari Perempuan Internasional, Ini Fakta Profil dan Ulasannya

8 Maret 2022 Adalah Hari Perempuan Internasional, Ini Fakta Profil dan Ulasannya

Ilustrasi Hari Perempuan Internasional (Foto: Freepik)


Berikut adalah fakta profil dan ulasan Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada 8 Maret 2022.

Hari Perempuan Internasional adalah hari peringatan untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Hari Perempuan Internasional ini diperingati di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret di setiap tahunnya.

Baca Juga: 20 Februari 2022 Adalah Hari Keadilan Sosial Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Penasaran dengan fakta dan ulasannya? Yuk simak fakta profil dan ulasan Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada 8 Maret 2022.

Fakta Profil Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret di setiap tahunnya. Hari Perempuan Internasional ini merupakan hari peringatan untuk memperjuangkan hak perempuan dari diskriminasi gender yang kerap dialami perempuan jaman dulu.

Selain itu, Hari Perempyan Internasional ini juga diperingati untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Ada beberapa cerita mengenai awal mula diperingatinya Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret.

Pada cerita pertama, ada seorang perempuan dari buruh pabrik tekstil melakukan demonstrasi pada 8 Maret 1857 di New York.

Demonstrasi itu dilakukan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian.

Akhirnya pada 8 Maret 1907, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu.

Sementara itu, ada cerita yang menyebut bahwa Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika.

Dan adapula cerita yang menyebut bahwa Hari Perempuan Internasional terjadi karena demonstrasi yang dilakukan para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia pada 8 Maret 1917.

Pemerintah Uni Soviet (sekarang Rusia) secara resmi menjadikan hari demonstrasi tersebut sebagai hari libur nasional pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Ulasan Hari Perempuan Internasional

Karena banyaknya cerita dan perdebatan mengenai awal mula Hari Perempuan Internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadikan 8 Maret 1907 sebagai Hari Perempuan Internasional yang pertama kali diperingati.

PBB juga menjadikan Hari Perempuan Internasional ini sebagai perayaan tahunan untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Baca Juga: 9 Februari 2022 Adalah Hari Pers Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah fakta profil dan ulasan Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada 8 Maret 2022.




8 Maret 2022Hari Perempuan InternasionalFakta Hari Perempuan InternasionalProfil Hari Perempuan InternasionalSejarah Hari Perempuan InternasionalUlasan Hari Perempuan InternasionalKapan Hari Perempuan Internasional8 Maret hari apa8 Maret diperingati hari

Share to: