Kapan Sidang Isbat Awal Ramadan 2022? Ini Jadwal Lengkap dari Kemenag

Kapan Sidang Isbat Awal Ramadan 2022? Ini Jadwal Lengkap dari Kemenag

Kapan Sidang Isbat Awal Ramadan 2022? Ini Jadwal Lengkap dari Kemenag

Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadan 2022 (Foto: Twitter @Kemenag_RI)


Kementerian Agama (Kemenag) memberikan jadwal sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 2022 digelar.

Pada senin, 14 Maret 2022, Kemenag memberikan informasi detail kapan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 2022 digelar.

Sidang isbat sendiri adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Di Indonesia, sidang isbat kerap dikaitkan dalam menentukan awal Ramadan dan hari raya Idul Fitri di setiap tahunnya.

Baca Juga: Link Download Jadwal Imsyakiyah Ramadan 2022/1443 Seluruh Indonesia, Dari Buka Puasa, Imsak, dan Waktu Sholat

Lalu, kapan sidang isbat awal Ramadan 2022 digelar? Yuk simak jadwal lengkapnya dari Kemenag.

Kapan Sidang Isbat Awal Ramadan 2022?

Kemenag melalui Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa sidang isbat awal Ramadan 2022 akan digelar pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah. 

Karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan secara hybrid, yakni pelaksaan sidang yang dilakukan dengan menggabungkan sidang luring dan sidang daring dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sidang isbat secara luring tahun ini akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, dengan jumlah peserta yang hadir dibatasi.

Sementara itu, sebagian peserta lainnya akan berpartisipasi secara daring melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

Sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya. 

Jadwal Lengkap Sidang Isbat Awal Ramadan 2022

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menjelaskan jadwal lengkap berjalannya sidang isbat awal Ramadan 2022 yang akan digelar Jumat, 1 April 2022.

Adib menjelaskan bahwa sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan ini dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan akan digelar secara terbuka dengan menyediakan live streaming bagi masyarakat yang ingin melihatnya.

Tahap kedua, pelaksanaan sidang isbat awal Ramadan 2022. Dalam tahap ini, semua data yang telah dikumpulkan akan dibacakan satu per satu. Data ini termasuk juga hasil pengamatan rukyatul hilal dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

Ditahap kedua ini, akan ditentukan kapan awal Ramadan 2022 di Indonesia. Sesi ini digelar setelah salat Magrib dan dilakukan secara tertutup.

Tahap ketiga, pemaparan hasil sidang isbat awal Ramadan 2022 kepada masyarakat yang dilakukan melalui siaran langsung di TVRI, dan beberapa stasiun televisi lainnya, serta media sosial Kemenag RI.

Baca Juga: Inilah Doa Menyambut Bulan Ramadan 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Indonesia

Nah, itulah jadwal sidang isbat awal Ramadan 2022 yang akan digelar Kemenag pada Jumat, 1 April 2022.




Ramadan 2022Bulan Ramadan 2022Sidang isbatSidang isbat awal Ramadan 2022Kapan sidang isbat awal Ramadan 2022Jadwal sidang isbat awal Ramadan 2022KemenangKementerian Agama

Share to: