ICCN Gelar Workshop Road to International Bali Metaverse & NFT Week, Perkenalkan Potensi Teknologi Web 3 di Indonesia

ICCN Gelar Workshop Road to International Bali Metaverse & NFT Week, Perkenalkan Potensi Teknologi Web 3 di Indonesia

Foto

Kolase Foto ICCN Gelar Workshop Road to International Bali Metaverse & NFT Week (Foto: sumber resmi)


Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia berkolaborasi dengan Bali Initiative Hub (BITHUB) Samsara Living Museum dan Meta Forest Society menggelar workshop Road To International Bali Metaverse & NFT Week pada Minggu, 13 Maret 2022. 

ICCN juga akan menggelar sebuah event International Bali Metaverse & NFT Week pada Mei 2022 mendatang. Event ini akan mempertemukan para pegiat, kreator, komunitas, pelaku bisnis di Metaverse dan NFT serta stakeholder terkait. 

Workshop dan event teresebut dimaksudkan untuk memperkenalkan potensi teknologi Web 3 lengkap dengan komponen utamanya seperti NonFungible Token (NFT) dan Metaverse yang semakin populer di Indonesia.

Selain itu, kegiatan workshop tentang NFT dan Metaverse di Samsara ini menjadi upaya bagian memotret masa dengan mengkolaborasikan nature (alam), culture (budaya) dan future (masa depan). Output dari kegiatan workshop ini mengarah pada eksekusi secara konkret pengembangan proyek Metaverse dan NFT.

Adrian Zakhary perkenalkan pasar NFT

Salah satu pemateri yang dalam workshop tersebut adalah pegiat NFT lainnya yakni Adrian Zachary yang juga merupakan Ketua Task Force Web 3 ICCN. 

Dalam workshop tersebut, Adrian Zakhary memaparkan soal pasar NFT hingga cara menggunakan dompet dan pasar. Para peserta workshop juga diajak mengenali strategi harga NFT hingga cara membuat NFT, mencetak dan menjualnya di pasar seperti di OpenSea (marketplace khusus NFT).

Menurut Adrian Zakhary sendiri, ICCN adalah wadah khusus yang bisa menjembatani para kreator dengan stakeholder yang ada di dunia Web 3. 

"ICCN ini hadir untuk menjembatani menjadi hub bagi dunia Web 3 yang ada di Indonesia hari ini. Sehingga, kita akan memulai dari fase dalam hal memberikan edukasi, lalu juga connecting the dots, artinya kita meng-connecting-kan antara kreator dengan collector, dengan investor dan berbagai stakeholder yang ada hari ini," kata Adrian Zakhary. 

Adrian Zakhary juga mengungkap potensi blockchain di Indonesia yang disambut baik oleh ICCN. ICCN juga berkomitmen untuk mewujudkan ekosistem Web 3 yang baik di Indonesia. 

"Menurut kami memang blockchain inovation yang ada hari ini sudah disambut dengan baik oleh ICCN dengan mewujudkan sebuah pasar khusus untuk memikirkan bagaimana Web 3 ini bisa menjadi sesuatu yang ke depannya akan menjadi landasan ekosistem dari web 3 yang ada di Indonesia," ungkap Adrian Zakhary.  

Pada kesempatan tersebut, Adrian Zakhary berharap ICCN bisa berpartisipasi dan menjadi supporter utama yang mendorong terciptanya ekosistem Web 3 di Indonesia bahkan di dunia. 

"Jadi dengan seperti itu, kita harapkan ICCN bisa berpartisipasi memberikan sesuatu yang lebih baik lagi, sesuatu yang lebih kreatif yang lebih inovatif lagi sehingga kita juga ke depannya bisa mendorong ICCN supaya menjadi salah satu supporter utama, bisa menjadi salah satu organisasi yang tentunya bisa mendorong terciptanya web 3 yang ada di Indonesia dan bahkan di dunia," tutup Adrian Zakhary. 

3 Misi Utama ICCN

Direktur Pemasaran ICCN Ida Bagus Agung Gunarthawa mengungkap ICCN punya tiga misi khusus terkait perkembangan teknologi Web 3. Pertama, ICCN diharapkan bisa hadir sebagai Launchpad hingga Talent Management.  

“ICCN sebagai jejaring lebih dari 210 kota/kabupaten kreatif di Indonesia menjadi hub atau wadah tepat untuk konsolidasi belajar bareng, eksplorasi, sharing hingga akselerasi untuk Web 3, baik NFT dan Metaverse,” kata Agung Gunarthawa dalam kegiatan Workshop ‘Road to International Bali Metaverse dan NFT Week’ di Samsara Living Museum, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Minggu, 13 Maret 2022. 

Kedua, ICCN sebagai Roadshow-Showcase-Nurturing-Development. Artinya ICCN berperan mulai dari pemetaan dan penyusunan database stakeholder, nurturing komunitas kreatif digital, inisiasi project, dan implementasi Metaverse Digital Creative Cities.

Ketiga, NFT dan Metaverse for Social and Economic Impact. Artinya, dampak tetap menjadi substansi utama dari inisiatif yang dijalankan ICCN dengan berkolaborasi bersama berbagai stakeholder.

“Karenanya kegiatan Road to International Bali Metaverse dan NFT Week sebagai role model aktivasi yang akan digulirkan ke seluruh Indonesia,” ujar Agung Gunarthawa yang juga Chief Executive Officer (CEO) BITHUB (Bali Initiative Hub) sekaligus juga Co-Founder Samsara Living Museum ini.




ICCNRoad To International Bali MetaverseNFT Week#NatureCultureFuture#Metaverse#NFTAdrian ZakharyInternational Bali MetaverseWorkshop Road To International Bali MetaverseEvent International Bali Metaverse

Share to: