Fakta-Fakta Mythomania, Penyakit Suka Berbohong yang Diduga Dialami Wirda Mansur

Fakta-Fakta Mythomania, Penyakit Suka Berbohong yang Diduga Dialami Wirda Mansur

Foto

Ilustrasi Mythomania, Penyakit Suka Berbohong yang Diduga Dialami Wirda Mansur (Foto: Pixabay)


Ini dia fakta-fakta Mythomania, penyakit suka berbohong yang diduga dialami oleh Wirda dan Yusuf Mansur. 

Mythomania adalah keadaaan seseorang yang sering berbohong dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus dilakukan. Para penderita Mythomania tak memiliki motif khusus atau alasan untuk berbohong. 

Mythomania mulai viral setelah seorang netizen menduga bahwa kondisi ini dialami oleh tokoh terkenal, yaitu Ustadz Yusuf Mansur dan anaknya, Wirda Mansur. 

Hal tersebut mulai tercium ketika Ustadz Yusuf Mansur memberikan berbagai narasi yang diduga mengandung unsur kebohongan. Diantaranya seperti naik pesawat 1000 kali dalam sehari, memberi makan semut dengan sepotong roti dan habis dalam hitungan menit kemudian datang malaikat membawa nasi padang, menyembuhkan orang tak bisa kentut dengan sholawat, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Sempat Heboh Akui Kuliah di 4 Kampus, Wirda Mansur Disebut-sebut Alami Mythomania

Seperti apa Mythomania? Ini dia fakta-fakta Mythomania lengkap dengan ciri-cirinya. 

Mengenal Mythomania

Dilansir dari berbagai sumber, Mythomania adalah sebuah penyakit medis atau kejiwaan. Mythomania adalah kondisi di mana penderitanya memiliki kebiasaan berbohong yang tak bisa dikendalikan atau disebut sebagai patologycal lying. 

Penderita Mythomania mengucapkan kebohongan tanpa memiliki maksud untuk mendapat keuntungan. Tak jarang, mereka juga mempercayai kebohongannya sendiri bahkan hingga tak bisa membedakan mana kebohongan dan kenyataan. 

Berbohong menjadi candu bagi penderita Mythomania agar mereka merasa puas dan demi kesenangan pribadi. Tak mudah mengenali gejala orang dengan Mythomania, pasalnya kebohongan yang mereka buat tersamarkan dengan fakta lainnya. 

Penyebab Mythomania juga beragam, diantaranya seperti pengalaman kegagalan atau keadaan kurang baik. Pengidap Mythomania akan melarikan diri dari kenyataan tersebut dengan berbohong.

BACA JUGA: Kembali Viral, Ini Video Lengkap dan Fakta Wirda Mansur Pernah Mengaku Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

Ciri-ciri Mythomania

Terdapat banyak ciri atau gejala yang bisa dilihat jika seseorang mengalami Mythomania. Berikut adalah ciri-ciri atau gejala Mythomania. 

  • Sering menceritakan hal-hal yang terdengar nyata. Terkadang, para penderitanya menceritakan sesuatu berdasarkan kisah nyata orang lain tapi mengakuinya sebagai sebuah peristiwa yang dialami sendiri. 
  • Cenderung membuat cerita yang bersifat permanen dan spontan dan berulang. 
  • Kebohongan yang dilakukan tak mendapat keuntungan material.
  • Cerita yang dibuat biasanya berkaitan dengan cerita yang melibatkan dan menonjolkan kehebatan dirinya sendiri untuk mendapat pengakuan orang lain
  • Ucapan kebohongan cendering menampilkan sudut pandang positif. Misalnya saja mereka memiliki gelar master daripada mengaku bahwa mereka putus sekolah. 

BACA JUGA: Panen Hujatan, Wirda Mansur Akhirnya Ngaku Tak Pernah Kuliah di Oxford Gaes

Nah itulah fakta-fakta Mythomania, penyakit suka berbohong yang diduga dialami oleh Wirda dan Yusuf Mansur. 




MythomaniaApa itu MythomaniaCiri Ciri MythomaniaGejala MythomaniaWirda Mansur MythomaniaYusuf Mansur MythomaniaAlami MythomaniaPenderita Mythomania

Share to: