5 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Dari Berbagai Negara, Sungkeman Hingga Perang Telur

5 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Dari Berbagai Negara, Sungkeman Hingga Perang Telur

Foto

Kolase Foto Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Dari Berbagai Negara (Foto: Freepik)


Simak yuk 5 tradisi unik perayaan Idul Fitri dari berbagai negara, dari mulai Indonesia hingga Turki. 

Idul Fitri menjadi momen suka cita yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Uniknya, setiap negara memiliki tradisi berbeda dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. 

Tradisi-tradisi tersebut memiliki makna mendalam lho. Meski berbeda, momen learan akan disambut meriah di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Seperti apa tradisi perayaan Idul Fitri dari berbagai negara? Simak selengkapnya berikut ini gaes. 

1. Sungkeman

Sungkeman adalah salah satu tradisi unik saat Idul Fitri yang ada di Indonesia. Tradisi satu ini dilakukan kepada anggota keluarga yang dituakan dengan tujuan meminta maaf dan saling mendoakan gaes. 

Setelah sungkeman, biasanya anggota keluarga lainnya akan halal bi halal dan saling bersalaman dengan sesama anggota keluarga lain. 

2. Perang telur

Idul Fitri di Afghanistan dirayakan dengan tradisi Perang telur. Biasanya masyarakat setempat menyebut tradisi ini Tokhm Jangi. 

Tradisi ini dilakukan oleh para lelaki, biasanya mereka akan berkumpul di lapangan dengan membawa telur ayam rebus setelah melakukan salat Idul Fitri. Para pesertanya berusaha mempertahankan kulit telurnya tak pecah hingga akhir lomba. Siapapun yang berhasil mempertahankan kulit telurnya yang tak pecah, dia lah yang akan jadi pemenang.

3. Seker Bayram

Seker Bayram adalah tradisi unik perayaan Idul Fitri di Turki. Seker Bayram sendiri merupakan sebuah festival gula di mana semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat mereka.

4. Melukis tangan dengan Henna

Melukis tangan dengan Henna adalah salah satu tradisi unik menyambut Idul Fitri yang biasanya dilakukan oleh para perempuan India. Selain itu, orang India juga memiliki makanan khas yang sering disajikan saat Idul Fitri, yaitu siwaiyaan, makanan terbuat dari bihun manis kering yang disajikan dengan susu. 

5. Bajram

Bajram adalah tradisi unik perayaan idul fitri yang dilakukan masyarakat Kosovo. Dalam tradisi Bajram ini, para perempuan Kosovo akan menyiapkan makanan tradisional berupa borek dan beberapa hidangan penutup seperti puding nasi dan baklava. 

Nah itu dia 5 tradisi unikk perayaan Idul Fitri dari berbagai negara gaes. Mana nih tradisi yang menurut kamu paling unik? 




perayaan Idul FitriIdul Fitri 1443 HTradisi unik Idul FitriTradisi Idul Fitri berbagai negaraPerayaan Unik Idul Fitritradisi unik perayaan Idul Fitri

Share to: