Arti Kata dan Makna Ngabuburit, Asal Usul Kegitan yang Dilakukan Menjelang Buka Puasa

Arti Kata dan Makna Ngabuburit, Asal Usul Kegitan yang Dilakukan Menjelang Buka Puasa

Foto

Ilustrasi Ngabuburit, Asal Usul Kegitan yang Dilakukan Menjelang Buka Puasa (Foto: iStock)


Berikut arti kata dan makna Ngabuburit, dari mulai asal usulnya hingga apa saja yang kerap dilakukan selama Ngabuburit. 

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Istilah Ngabuburit ini sangat familiar dan sering dilakukan oleh orang Indonesia. 

Kegiatan Ngabuburit ini sangat beragam, dari mulai jalan-jalan sore, bercengkrama, mencari santapan takjil, dan masih banyak lagi gaes. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Egirl dan Eboy, Istilah yang Viral Digunakan di Sosial Media Gaes!

Bagi kamu yang penasaran dengan Ngabuburit, simak nih arti kata dan makna Ngabuburit lengkap dengan asal usulnya gaes. 

Asal usul kata Ngabuburit

Ngabuburit sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS) yang berarti lakuran. 

Ngabuburit berasal dari kata Ngalantung ngadagoan burit yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Burit sendiri berarti sore hari atau sebelum matahari terbenam. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Open Relationship, Istilah Hubungan Viral Dilakukan Will Smith dan Jada Pinkett

Arti kata dan makna Ngabuburit

Ngabuburit berarti kegiatan meninggu azan magrib menjelang berbuka puasa saat bulan suci Ramadan. Kegiatan Ngabuburit ini biasanya dilakukan untuk membunuh waktu sambil menunggu azan. 

Biasanya, kegiatan Ngabuburit sangat beragam. Beberapa diantaranya sepert mengaji, mendatangi pasar kuliner, mencari takjil, ngobrol, jalan-jalan sore, dan masih banyak lagi. 

Ngabuburit juga memiliki istilah berbeda dalam beberapa bahasa daerah. Dalam bahasa Minang, dikenal dengan istilah malengah puaso yang berarti kegiatan mengalihkan rasa haus dan lapar karena puasa. 

Sementara itu, dalam bahasa banjar dikenal dengan istilah basambang yang memiliki arti jalan-jalan saat waktu senja.

Kata Ngabuburit ini makin populer setelah dijadikan judul program televisi yang tayang di TransTV. Acara tersebut menyajikan beberapa program menarik dari mulai komedi hingga ceramah keagamaan. 

Tak hanya itu, kata Ngabuburit juga digunakan untuk sebuah konser saat Ramadan, seperti 'Ngabuburit Bersama Slank', 'Konser Ngabuburit Bersama Iwan Fals', dan 'Ngabuburit Concert With So7'.

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Dump Tren Viral di Sosmed, Penjelasan March Dump 2022

Nah itulah arti kata dan makna Ngabuburit lengkap dengan asal usulnya. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan menjelang buka puasa. 




NgabuburitArti kata Ngabuburitmakna Ngabuburitasal usul Ngabuburitmengenal istilah Ngabuburitistilah Ngabuburitapa itu Ngabuburit

Share to: