Dorong Kesetaraan, Erick Thohir Targetkan 20% Direksi BUMN Adalah Generasi Muda Gaes!

Dorong Kesetaraan, Erick Thohir Targetkan 20% Direksi BUMN Adalah Generasi Muda Gaes!

Foto

Erick Thohir (Foto: Istimewa)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan adanya sekitar 20% direksi BUMN berasal dari generasi muda pada 2023 mendatang.

Sebelumnya, target  board of director (BOD) atau pemimpin di BUMN yang ditetapkannya adalah sekitar  5%-10%.

Dia melihat beberapa contoh anak muda yang saat ini menduduki posisi penting di BUMN. Baginya, generasi muda membawa perubahan yang seimbang.

Generasi muda ini coba kita dorong, karena memang perubahan yang terjadi saat ini mereka yang mengerti. Inilah kenapa leadership ini harus seimbang,” kata Erick Thohir dalam webinar “Strategi Membangun Indonesia Tangguh, Tumbuh Berkelanjutan” pada Minggu, 12 Juni 2022.

Baca Juga: Erick Thohir Harap HIPMI Bantu Pemerintah Untuk Bawa Pengusaha Muda Kuasai Pasar ASEAN

Selain mendorong generasi muda menjadi pemimpin BUMN, kesetaraan gender juga dipastikan terjadi di BUMN supaya ada checks and balances atau bisa saling mengontrol lho gaes!

Kalau pimpinannya laki-laki semua, nanti hobinya sama, bersepakat dengan hal yang aneh-aneh. Kalau ada perempuannya kan ada checks and balances, sehingga kepemimpinan perempuan di BUMN terus kita dorong,” kata Erick.

Dia menargetkan 25% pemimpin adalah perempuan di BUMN pada tahun 2023 mendatang.

"Banyak sekali direksi sekarang dari perempuan. Kemarin Dirut Pelni itu perempuan, Dirut Damri perempuan, Dirut ASDP juga perempuan. Ini yang saya yakini, kalau diberi kesempatan pasti bisa. Apalagi kalau kita bisa melakukannya secara transparan dan terbuka,” ujarnya.




BUMNMenteri BUMNETErick ThohirGenerasi MudaPemimpin Muda

Share to: