Hadapi Disrupsi Teknologi, Erick Thohir Beberkan Pentingnya Kedaulatan Digital

Hadapi Disrupsi Teknologi, Erick Thohir Beberkan Pentingnya Kedaulatan Digital

Foto

Erick Thohir Beberkan Pentingnya Kedaulatan Digital (Foto: Istimewa)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir beberkan pentingnya kedaulatan digital, hal tersebut guna menghadapi disrupsi teknologi.

Hal tersebut Erick Thohir ungkapkan ketika menghadiri suatu acara di Aula Garuda Mukti Gedung C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu,18 Juni 2022.

Di hadapan mahasiswa dan civitas akademika, dia membeber pentingnya kedaulatan digital Indonesia di era disrupsi teknologi.

Baca Juga: Melalui Muslim Prenuer, Erick Thohir Inginkan Pesantren Jadi Penggerak Ekonomi Umat

"Di era disrupsi digital ini kita harus mulai membangun infrastruktur digital kita. Alhamdulillah bapak Presiden meminta infrastruktur digital ini benar-benar dibangun. Tak hanya itu kita juga mesti mempersiapkan generasi muda yang mengerti digital. Karena itu kita bekerja sama dengan pihak kampus," ujar Erick.

Dihadapan 650 mahasiswa, Erick menegaskan BUMN akan terus mendorong agar akses digital menggunakan internet bisa dinikmati oleh di seluruh masyarakat Indonesia.

"Jika dulu eranya listrik masuk desa, sekarang eranya wifi masuk desa," ujar Erick.

Tak hanya itu, Erick juga menyampaikan misi BUMN untuk memperkuat kedaulatan digital. Yakni mendorong Telkom dan Telkomsel untuk menjadi motor untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital di segala lini,

Erick menjelaskan bahwa Telkom akan terus mempercepat infrastruktur digital seperti data center, cloud, dan fiber optic.

"Sedangkan Telkomsel lebih fokus sebagai agregator untuk costumer, seperti game lokal dan konten lokal. Ini ekosistem digital yang coba kita bangun," ujar Erick.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Inginkan Pupuk Indonesia Menjadi Pemain Global

Dengan menggandeng kampus-kampus di Indonesia, Erick optimistis misi besar untuk mewujudkan kedaulatan digital Indonesia dapat terwujud. Sehingga Indonesia tak hanya menjadi konsumen, tapi juga menjadi kekuatan utama yang mampu bersaing di pentas dunia.




Menteri BUMNErick ThohirHadapi disrupsi digitalKedaulatan digital

Share to: