Arti Kata dan Makna Sesar Baribis, Terjadi Pergeseran yang Sebabkan Gempa Bumi?

Arti Kata dan Makna Sesar Baribis, Terjadi Pergeseran yang Sebabkan Gempa Bumi?

Foto

Apa itu Sesar Baribis? (Foto: BMKG)


Berikut adalah pengertian dan makna Sesar Baribis, yang disebut terjadi pergerakan hingga berpotensi menyebabkan gempa bumi gaes!

Sesar Baribis adalah sesar aktif yang saat ini diketahui membentang mulai dari Purwakarta, Karawang, Bekasi, sebelah selatan Jakarta, Tangerang, hingga berakhir di Banten.

Menurut penelitian dari jurnal Scientific Reports Nature berjudul "Implications for fault locking south of Jakarta from an investigation of seismic activity along the Baribis fault, northwestern Java, Indonesia", penyebaran seismik lubang bor yang dilakukan di sepanjang Sesar Baribis mengungkapkan sesar ini kemungkinan besar aktif, tetapi bagian barat sesar ini terkunci.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Clickworker, Penyedia Pekerjaan Sampingan Lengkap Cara Daftar

Nah, BMKG mengungkapkan bahwa adanya pergerakan dari benda tersebut yang mencapai 5 milimeter per tahun, dengan struktur diperkirakan memiliki panjang sekitar 100 kilometer.

Hal ini dilihat dari hasil pemantauan perlatan seismograf milik lembaganya yang menemukan aktivitas gempa di jalur sesar.

Jakarta-Bogor Bersiap Potensi Gempa?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebaran seismik lubang bor yang dilakukan di sepanjang Sesar Baribis mengungkapkan sesar ini kemungkinan besar aktif, tetapi bagian barat sesar ini terkunci.

Oleh karena itu, bagian yang terkunci itu menjadikan Jakarta dan wilayah sekitarnya sangat rentan terhadap gempa bumi yang cukup besar di masa depan gaes!

Kenapa? Pasalnya, terjadi akumulasi energi yang akhirnya dilepas oleh sesar.

Berdasarkan penelitian, tercatat adanya gempa yang relatif kecil dengan Magnitudo kurang dari 4,3 dalam periode dua tahun.

Alhasil, Jakarta-Bogor perlu bersiap-siap menghadapi potensi ancaman gempa. Hal itu mengingat Jakarta dan sekitarnya berada di zona bahaya gempa, baik dari zona subduksi maupun jalur patahan di daratan.

Riwayat gempa terkait Sesar Baribis:  

- Jakarta, 5 Januari 1699: Gempa magnitudo 8,0 

- Jakarta, 22 Januari 1780: Gempa magnitudo 7,0 

- Cirebon, 16 November 1847: Gempa magnitudo 7,0

Nah, itu dia pengertian dan makna Sesar Baribis, yang disebut terjadi pergerakan hingga berpotensi menyebabkan gempa bumi.




Sesar BaribisApa itu Sesar BaribisSesar Baribis AdalahPergerakan Sesar BaribisFakta Sesar BaribisGempa Bumi Sesar BaribisDimana Letak Sesar BaribisJakarta Gempa Bumi

Share to: