Apa Itu Hari Tasyrik? Hari Penting Umat Islam Setelah Idul Adha Lengkap Amalannya

Apa Itu Hari Tasyrik? Hari Penting Umat Islam Setelah Idul Adha Lengkap Amalannya

Foto

Apa Itu Hari Tasyrik? (Foto: Ilustrasi Pixabay)


Berikut adalah ulasan lengkap tentang Hari Tasyrik, hari penting bagi umat muslim setelah Idul Adha. Lengkap Niat dan Amalannya gaes!

Hari Tasyrik merupakan hari penting umat Islam setelah hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah setiap tahunnya.

Hari Tasyrik yang berjumlah 3 hari ini memiliki segudang makna hingga amalan dan larangan. Jadi sayang sekali jika dilewatkan.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha 2022 Jatuh Pada 9-10 Juli, Berikut Sejarah Pengorbanan Nabi Ibrahim

Yuk simak ulasan lengkap tentang Hari Tasyrik berikut niat hingga amalannya disini.

Apa Makna Hari Tasyrik?

Dilansir dari berbagai sumber, hari tasyrik mempunyai banyak sekali makna yang wajib diketahui oleh umat Islam. Seperti hikmah perasaan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada umat Islam berupa daging kurban.

Tidak hanya itu, makna selanjutnya dari hari tasyrik adalah timbulnya rasa berbagai sesama muslim serta berbagai semangat hidup ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sekedar informasi, hari tasyrik bertepatan dengan ritual pelemparan jumroh di Mina yang dilakukan oleh jamaah haji.

Amalan Hari Tasyik

Sebagai hari penting bagi umat Islam setelah Hari Raya Idul Adha, hari tasyrik juga mempunyai amalan-amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh kaum muslim.

Seperti, memperbanyak zikir dan berdoa kepada Allah SWT dan meminta segala kebaikan serta rahmat kepada-Nya.

Larangan Hari Tasyrik

Hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 11, 12, dam 13 Dzulhijah atau sehari setelah Hari Raya Idul Adha, terdapat larangan untuk berpuasa. Dengan demikian, umat Islam haram berpuasa pada 3 hari penting tersebut.

Nah, itu dia ulasan lengkap tentang Hari Tasyrik, hari penting bagi umat muslim setelah Idul Adha. Lengkap Niat dan Amalannya gaes!




Hari TasyrikKapan Hari Tasyrik 2022Hari Tasyrik Tanggal berapaLarangan Hari TasyrikNiat Hari TasyrikAmalan Hari TasyrikMakna Hari Tasyrik

Share to: