Ini Hukum Puasa 1 Suro Menurut Islam, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 2022

Ini Hukum Puasa 1 Suro Menurut Islam, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 2022

Foto

Hukum dan amalan Puasa Muharram (Foto: ilustrasi pixabay)


Siapa yang disini bakalan puasa di bulan Muharram ini? Nah ternyata gaes, ada hukum mengenai puasa 1 Suro menurut Islam . Yuk kita simak, sekaligus kita mengisi tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriyah dengan amalan. 

Jika kamu ingin berpuasa selain di puasa Senin dan Kamis, makan puasa bulan Muharram merupakan waktu tepat untuk berpuasa setelah bulan Ramadan. Terdapat sejumlah puasa sunah yang dapat dilakukan di bulan Muharram yakni puasa Tasu'a, puasa Asyura, puasa Ayyamul Bidh, dan puasa Senin Kamis. 

Baca Juga: 10 Kisah & Peristiwa Penting di Tanggal 10 Muharram, Diciptakannya Nabi Adam hingga Diangkatnya Nabi Isa

Puasa 1 Muharram merupakan puasa yang dilakukan pada tanggal 1 Muharram atau tahun baru Islam. Nah gaes, puasa 1 Muharram ini tidak memiliki anjuran tersendiri seperti halnya puasa sunah di bulan Muharram lainnya, seperti puasa Tasu'a dan puasa Asyura.

Ulasan Puasa 1 Muhharam

Puasa Tasu'a dan puasa Asyura memiliki landasan hadis yang mendasarinya. KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan, puasa 1 Muharram memiliki hukum sunah mutlak. Jadi ingat ya gaes, bukan wajib lho. 

"Boleh dilakukan. Segala amal itu tergantung niatnya. Kalau niatnya karena Allah, maka silakan berpuasa sunah di tanggal 1 Muharram," kata ustaz Wahyul. 

Wahyul juga mengatakan jika berpuasa di bulan Muharram tidak hanya dapat dilakukan pada tanggal 1 Muharram tetapi juga pada awal, tengah, atau akhir bulan. 

Baca Juga: Ini Doa & Keutamaan Puasa 1 Muharram Asyura dan Tasua, Tahun Baru Islam Penuh Makna

"Asalkan tidak ada niat mengkhususkan tanggal 1 Muharram dengan meyakini keistimewaannya dibanding hari-hari yang sesudahnya, maka tidak ada dalil sahih yang menyunahkannya. Yang disunahkan adalah memperbanyak puasa pada bulan Muharram," ucap Wahyul. 

Nah tanggal 1 Muharram 1442 H jatuh bertepatan pada hari Jumat 29 Juli 2022.

Niat untuk berpuasa pada 1 Muharram dapat dilakukan di dalam hati dengan meniatkan berpuasa hanya karena Allah SWT. Tak ada niat khusus untuk puasa 1 Muharram. Seperti halnya ibadah lain, niat perlu ditanamkan dari hati.




hukum puasa 1 suropuasa 1 muharram 2022hukum puasa 1 suroTahun Baru Islam 1444 HMalam 1 suroTahun Baru Islam1 Muharram 20221 Muharram 1444 Hijriyah

Share to: