Beyond Urban: Road to G20 Summit, Adrian Zakhary: WEB3 Beri Dampak Nyata untuk Sosial dan Ekonomi

Beyond Urban: Road to G20 Summit, Adrian Zakhary: WEB3 Beri Dampak Nyata untuk Sosial dan Ekonomi

Beyond Urban: Road to G20 Summit, Adrian Zakhary: WEB3 Beri Dampak Nyata untuk Sosial dan Ekonomi

Adrian Zakhary Sebut WEB3 Beri Dampak Nyata untuk Sosial dan Ekonomi (Foto: Istimewa)


Adrian Zakhary menyebutkan bahwa WEB3 memberikan dampak nyata untuk sosial dan ekonomi gaes.

Hal ini Adrian Zakhary ucapkan ketika menjadi narasumber di acara Beyond Urban: Road to G20 Summit yang digelar 29 Juli 2022 secara daring.

Dalam hal ini, Adrian Zakhary selaku ICCN Web3 Task Force mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan WEB3 di Indonesia telah memberikan dampak nyata untuk sosial dan ekonomi.

Baca Juga: ICCN Kolaborasi dengan UNESCO Gelar Beyond Urban: Road to G20 Summit, Bahas Transformasi Digital Gaes!

Tentang Beyond Urban: Road to G20 Summit

Beyond Urban: Road to G20 Summit adalah sebuah gelaran acara hasil kolaborasi Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan UNESCO. Acara Beyond Urban: Road to G20 Summit ini digelar selama dua hari, yakni 28-29 Juli 2022 secara daring. 

Beberapa tema yang dibahas dalam seminar dan diskusi Beyond Urban: Road to G20 Summit adalah: Ketahanan Iklim dan Aksi, Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Acara ini juga menjadi salah satu acara menuju acara puncak KTT G20 yang mana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Acara KTT G20 ini akan digelar di Bali pada tanggal 15-16 November 2022.

Adrian Zakhary Sebut WEB3 Berikan Dampak Nyata untuk Sosial dan Ekonomi

Dalam tema transformasi digital, ICCN dan UNESCO mengundang beberapa narasumber yang berkompeten di bidang transformasi digital. Salah satunya adalah Adrian Zakhary selaku ICCN WEB3 Task Force dan juga komisaris independen PTPN VIII.

Dalam pembahasannya, Adrian Zakhary memaparkan pertumbuhan dan perkembangan WEB3 di Indonesia. Adrian mengungkapkan WEB3 menjadi sebuah teknologi terbaru yang bisa membentuk dunia digital melalui blockchain, teknologi desentralisasi dan keamanan data.

"Ini (WEB3) adalah satu hal yang baik karena WEB 3.0 menjadi sebuah teknologi terbaru yang megarah pada pembentukan dunia digital yang lebih baik lewat teknologi blockchain, teknologi desentralisasi, kemanan data," ucap Adrian.

Selaku ICCN WEB3 Task Force, Adrian menjelaskan salah satu program yang dibuat ICCN untuk membangun ekosistem WEB3 adalah WEB3 Innovation with The Real World Impact yang sudah berjalan selama 8 bulan.

"ICCN memiliki beberapa program untuk ikut berpartisipasi dalam membangun ekosistem WEB3 bernama WEB3 Innovation with The Real World Impact. Dan program ini telah berjalan sekitar 8 bulan terakhir," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Adrian juga menjelaskan mengapa Bali ditunjuk sebagai sentral atau pusat dalam membangun ekosistem WEB3 di Indonesia. Hal ini karena Bali merupakan jendela dunia, dimana mereka memiliki kekayaan seni budaya yang bisa menarik orang luar negeri untuk berwisata ke Pulau Dewata ini.

Selain itu, Adrian juga mengungkapkan pertumbuhan WEB3 di Bali sangat cepat, hal ini terlihat dari mulai banyaknya komunitas NFT di Bali, seperti Superlative Secret Society, MAJA Labs. Serta ada pula seniman NFT yang berhasil masuk ke dalam halaman utama koran Kompas, Raka Jana.

"Kita mulai membangun ekosistem di Bali. Kenapa memilih Bali, karena Bali adalah jendela dunia, memiliki kekayaan seni budaya yang luar biasa, terdapat komunitas digital. Selain itu ekosistem WEB3 dan teknologi blockchain di Bali tumbuh dengan baik, project NFT dan komunitas juga banyak berkembang di Bali," ujarnya.

Untuk menjadikan Bali sebagai pusat pertumbuhan ekosistem WEB3 di Indonesia bahkan Asia, ICCN melakukan berbagai langkah strategis seperti membangun jaringan WEB3, melakukan edukasi, pelatihan, mentoring dan pengembangan mengenai WEB3 dan NFT kepada masyarakat.

"Langkah yang dilakukan dalam membangun ekosistem di Bali adalah dengan melakukan beberapa strategi seperti membangun jaringan sesama pegiat WEB3, melakukan edukasi, melakukan pelatihan dan mentoring seputar dunia WEB3, dan melakukan pengembangan," kata Adrian.

Lebih lanjut, Adrian yang juga merupakan founder MAJA Labs, melakukan pelatihan dan mentoring NFT dengan membuat dua program unggulan, yakni NFT Clinic dan WEB3 Utilities. Yang mana program tersebut bertujuan untuk mengedukasi bahwa WEB3 bisa memberikan dampak nyata untuk sosial, budaya dan juga ekonomi.

Baca Juga: Fakta-fakta NFT Pitch Bali, Bentuk Ekosistem dan Demokrasi Teknologi dari MAJA Labs

"Dalam pelatihan dan mentoring kami memiliki 2 program unggulan seperti NFT Clinic dan juga WEB3 Utilities. Kegiatan ini digelar dengan tujuan mengedukasi publik bahwa bagaimana kehadiran teknologi WEB3 benar-benar bisa memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam hal sosial budaya dan juga ekonomi," pungkasnya.




Adrian ZakharyBeyond Urban Road to G20 SummitEkosistem WEB3MAJA LabsICCNUNESCO Cities PlatformSeminar ICCNTrasformasi DigitalG20Web3Blockchain

Share to: