Hadiri Pameran Seni 'Wave To The North', Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Ungkap NFT dan Inovasi Web3 Bisa Beri Dampak Nyata

Hadiri Pameran Seni 'Wave To The North', Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Ungkap NFT dan Inovasi Web3 Bisa Beri Dampak Nyata

Hadiri Pameran Seni 'Wave To The North', Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Ungkap NFT dan Inovasi Web3 Bisa Beri Dampak Nyata

Adrian Zakhary Ungkap NFT dan Inovasi Web3 Bisa Beri Dampak Nyata (Foto: Istimewa)


Founder MAJA Labs Adrian Zakhary mengungkapkan NFT dan inovasi WEB3 bisa memberikan dampak nyata bagi dunia.

Hal ini diungkapkan Adrian Zakhary ketika menghadiri pameran seni yang bertajuk 'Wave To The North'. 'Wave To The North' ini sendiri adalah pameran seni di Jakarta Utara.

Salah satu rangkaian kegiatan 'Wave To The North', adalah talkshow Art Talk, dan Adrian Zakhary hadir menjadi salah satu pembicaranya.

Baca Juga: Adrian Zakhary hingga Jason Ranti Hadiri Pameran Seni 'Wave To The North' Indo Seni Gaes!

Tentang Wave To The North

Wave to The North adalah acara seni yang dihadirkan oleh sebuah komunitas seni yang bernama Indo Seni. Acara Wave to The North ini akan berlangsung pada 12 hingga 28 Agustus 2022 di atrium Mall of Indonesia (MOI).

Indo Seni mengundang beberapa seniman seni dan NFT seperti Abiebi, Agapitus Ronaldo, Andry Boy Kurniawan, A.T. Sitompul, Erianto, Jason Ranti, dan masih banyak lagi.

Dalam Wave to The North ini, Indo Seni menghadirkan pameran seni di Jakarta Utara. Pameran seni ini menampilkan karya seni lukis, patung, grafis, dan karya NFT yang dikuratori Argus FS. Selain itu, akan ditampilkan pula edisi kedua dari NFT Art Prized Moments.

Adrian Zakhary Sebut NFT dan WEB3 Berikan Dampak Nyata

Indo Seni menggelar talkshow seni yang bertajuk Art Talk. Talkshow Art Talk ini akan digelar pada saat pembukaan Wave to The North, 12 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB di MOI.

Adapun talkshow ini dibagi ke dalam tiga topik yang berbeda topik pertama adalah "Future of Wave to The North, topik kedua adalah "Today Contemporary Art and NFT Art, serta topik ketiga adalah "Art and Music Practice". Dan Adrian Zakhary hadir sebagai pembicara di topik kedua bersama dengan Argus FS.

Adrian Zakhary mengungkapkan bahwa NFT art itu bisa punya dampak dengan dunia nyata, asalkan memiliki niat dan tujuan untuk memberikan dampak.

"NFT art itu tetep bisa punya impact terhadap real world-nya, NFT art pun kalo misalnya punya niat, punya tujuan untuk punya impact dengan community, sekitar, real world maka itu bisa," ucap Adrian.

Lebih lanjut, Adrian memberikan contoh seniman asal Bali, Rakajana yang membuka lapangan pekerjaan dan juga mengajari karyawannya sebanyak 20 orang mengenai digital art.

"NFT Art bisa memberi dampak nyata untuk komunitas dan masyarakat sekitar seperti yang dilakukan Rakajana di Bali. Rakajana mempekerjakan dan juga mengajari soal digital art kepada 20 anak mulai dari nol," lanjut Adrian.

Contoh Dampak NFT di Beberapa Bidang

Adrian Zakhary juga mengungkapkan bahwa MAJA Labs ingin memiliki project NFT yang mempunyai dampak untuk ekonomi, salah satunya dengan membuat konser di dunia nyata dan juga di dunia metaverse. 

"Disini kami ingin bahwa beberapa projek (NFT) yang ada di kami (MAJA Labs) mempunyai dampak untuk ekonomi. Contohnya kalau kita bikin NFT untuk musik atau konser, konsernya tetep ada, jadi ekonomi di daerah itu hidup," ujarnya.

Lalu, di bidang sosial, Adrian menceritkan bahwa ia bertemu dengan project NFT Plasticology, yang mengubah sampah di Bali menjadi karya seni. Lalu karya seni tersebut dijual dalam bentuk NFT.

"Lalu juga sosial, sosial tentang bagaimana terakhir saya bertemu dengan project NFT Plasticology, kalo kita beli NFT dia, mereka akan mengumpulkan sampah-sampah yang ada di pantai Bali, lalu mereka akan mengubah sampah tadi jadi karya seni. Dari karya seni tadi nanti dikasih untuk holder NFT dia," ucapnya.

Lalu untuk budaya, Adrian mengambil contoh gelaran NFT PITCH BALI yang diselenggarakan MAJA Labs. Dimana pemenang NFT PITCH BALI tersebut adalah NFT PERKASA, karya seniman wayang kertas Yogyakarta, Bagong Soebarjo. 

"Lalu untuk budaya, misalkan kemarin kita di NFT PITCH BALI kita punya pemenang yaitu NFT PERKASA namanya. NFT PERKASA ini kita bantu seorang seniman (Bagong Soebardjo) yang cukup berumur, 67 tahun di Jogja," ujarnya.

Adrian mengatakan bahwa Pak Bagong memiliki lebih dari 100 karya superhero. Dan dampaknya bagi Pak Bagong adalah ia diberikan sebuah sanggar wayang dongeng di Jogja. Dan untuk karya superheronya tersebut akan di produksi dalam bentuk NFT.

Baca Juga: ICCN Hadirkan VR Experience di Festival Terupa Bali, Adrian Zakhary: Perkuat Ekosistem WEB3

"Dia punya hidden gem, punya lebih dari 100 karya superhero dan tulisan soal superhero lokal.Tujuan kita memberikan impact membangun sanggar wayang dongeng di Jogja. Kita bantu pak Bagong bangun sanggarnya, kita akan re-production (figur PERKASA) melalui NFT," pungkasnya.




MAJA LabsWave To The NorthAdrian ZakharyNFTWEB3Dampak NFT

Share to: