1 September 2022 Adalah HUT Polwan ke-74, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

1 September 2022 Adalah HUT Polwan ke-74, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

Foto

1 September 2022 Adalah HUT Polwan ke-74 (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak fakta, sejarah dan tema HUT Polwan ke-74 yang diperingati pada 1 September 2022.

Pada 1 September 2022, seluruh Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia akan memperingati hari ulang tahun (HUT) mereka yang ke-74 tahun.

Peringatan ini tak hanya di tahun 2022, melainkan diperingati pada setiap tanggal 1 September. Kenapa bisa 1 September?

Baca Juga: 13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuan

Yuk simak fakta, sejarah dan tema HUT Polwan ke-74 yang diperingati pada 1 September 2022.

Fakta dan Sejarah HUT Polwan

Diketahui sejarah HUT Polwan sendiri berdasarkan pada hari dimana Polwan Indonesia dibentuk yakni pada 1 September 1948. 

Kala itu, Polwan dibentuk di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, saat masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II.

Saat itu, terjadi pengungsian besar-besaran meliputi pria, wanita, dan anak-anak yang meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka Pendidikan Inspektur Polisi bagi kaum wanita.

Terpilih enam gadis remaja yang dilantik menjadi enam Polwan pertama. Dan pada 1 September 1948 mereka secara resmi mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu dinyatakan lahirlah Polisi Wanita yang akrab dipanggil Polwan.

Tugas Polwan

Tugas Polwan di Indonesia tadinya hanya menangani masalah kejahatan wanita, anak-anak dan remaja, narkotika dan masalah administrasi. Tetapi kini telah berkembang jauh, bahkan hampir setara dengan polisi pria pada umumnya.

Tema HUT Polwan ke-74

Tema HUT Polwan ke-74 di tahun 2022 ini adalah "Polri Yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh - Indonesia Tumbuh".

Untuk merayakan hari jadinya, Polwan menggelar kegiatan bakti sosial serta membagikan bantuan sosial berupa paket sembako sebanyak 1.000 paket kepada masyarakat di Jakarta Utara.

Bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako dibagikan kepada para nelayan, pekerja kasar dan masyarakat lain yang membutuhkan secara "door to door" atau dari pintu ke pintu agar tepat sasaran.

Paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat berupa bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, tepung, mie instan, susu dan peralatan protokol kesehatan COVID-19 seperti masker, sanitizer dan sabun pencuci tangan.

Baca Juga: 25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

Nah, itulah fakta, sejarah dan tema HUT Polwan ke-74 yang diperingati pada 1 September 2022.




1 September 2022HUT Polwan ke-74Fakta HUT Polwan ke-74Sejarah PolwanSejarah HUT PolwanTema HUT Polwan ke-74Tugas Polwan

Share to: