22 September 2022 Adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Berikut Fakta dan Sejarah Car Free Day

22 September 2022 Adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Berikut Fakta dan Sejarah Car Free Day

Foto

22 September 2022 Adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Foto: Istimewa)


22 September 2022 adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor, berikut fakta dan sejarah dari Car Free Day.

Pada 22 September 2022, seluruh orang di dunia akan memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor ini tak hanya diperingati di tahun 2022 saja, melainkan di tanggal 22 September setiap tahunnya.

Baca Juga: 21 September 2022 Adalah Hari Perdamaian Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

Kenapa di tanggal 22 September? Yuk simak fakta dan sejarah dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.

Fakta dan Sejarah Hari Bebas Kendaaran Bermotor 

Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day adalah bermula ketika banyak orang yang menyadari bahwa kendaraan bermotor memberikan dampak buruk pada lingkungan. Hal itu pun menuai banyak protes.

Protes tersebut sudah ada sejak tahun 1950-an. Beberapa negara di Eropa melakukan protes tersebut, seperti Belanda dan Belgia. Kedua negara tersebut mengeluarkan aturan hari Minggu bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di hari Minggu pada tahun 1956 dan 1957.

Pada Oktober 1994, Eric Britton menyuarakan kampanye Car Free Day di International Ciudades Konferensi Accessibles (Accessible Cities). Sebuah makalah tentang mengurangi ketergantungan pada kendaraan juga didistribusikan dalam konferensi yang diadakan di Toledo, Spanyol tersebut.

Kemudian pada akhir 1990-an, beberapa negara di Eropa menyelenggarakan acara yang mendukung Car Free Day di seluruh dunia. Seperti acara Konsorsium Hari Bebas Mobil Dunia yang diselenggarakan di beberapa negara seperti Islandia, Inggris Raya, dan Prancis pada tahun 1995.

Selanjutnya pada tahun 1997, Inggris mulai melakukan kampanye nasional oleh Asosiasi Transportasi Lingkungan, yang diikuti oleh Perancis pada tahun 1998 yang mengangkat tema "In Town, without my car!". Baru pada tahun 2000 Komisi Eropa melakukan kampanye program ini lebih luas untuk menjangkau seluruh Eropa.

Sementara itu, di Indonesia baru menerapkan Car Free Day pada September 2007 di Jakarta, Car Free Day untuk pertama kali diadakan di Jakarta.

Hingga kini, tanggal 22 September diperingati sebagai Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.

Tujuan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Tujuan diperingatinya Hari Bebas Kendaraan Bermotor ini adalah untuk mendorong pengendara untuk berhenti sejenak dari mengemudi dan menggunakan alternatif kendaraan bermotor. Tidak hanya untuk pengendara motor saja tetapi juga pengendara mobil. Hal ini bertujuan juga untuk mengurangi polusi udara.

Nah, itulah fakta dan sejarah dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.




22 September22 September 2022Hari Bebas Kendaraan BermotorCar Free DayHari Bebas Kendaraan Bermotor 2022Fakta Hari Bebas Kendaraan BermotorSejarah Hari Bebas Kendaraan BermotorTujuan Hari Bebas Kendaraan BermotorFakta Car Free DaySejarah Car Free DayTujuan Car Free Day

Share to: