Bali Digital Fashion Week 2022, Plasticology Artist Made Bayak Ajak Masyarakat Bijak Olah Sampah

Bali Digital Fashion Week 2022, Plasticology Artist Made Bayak Ajak Masyarakat Bijak Olah Sampah

Bali Digital Fashion Week 2022, Plasticology Artist Made Bayak Ajak Masyarakat Bijak Olah Sampah

Made Bayak hadir di Bali Digital Fashion Week 2022


Segera hadir dalam waktu dekat acara yang diinisiasi oleh MAJA Labs dan Indonesia Creative City Center bertajuk Bali Digital Fashion Week (BDFW) 2022. Acara ini akan menghadirkan seniman lokal maupun internasional serta beragam acara menarik.

Salah satu yang akan hadir di BDFW 2022 adalah seniman lokal asal Bali yang karyanya telah dikenal hingga ke mancanegara, Made Bayak. Ia akan mengenalkan phygital fashion dalam ekshibisi digital fashion pertama di Indonesia tersebut.

Baca juga: BDFW 2022 Kolaborasi dengan Seniman Lokal hingga Internasional, Hadirkan AR Fashion Exhibition

BDFW 2022

MAJA Labs menggelar Bali Digital Fashion Week pada 10-16 Desember 2022 berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN). BDFW 2022 muncul atas inisiasi MAJA Labs dan didukung oleh ICCN karena melihat keresahan terhadap efek rumah kaca dan gas dunia yang disebabkan oleh industri pakaian.

Tujuan digelarnya BDFW ini sendiri untuk mengurangi sampah dan limbah produk fashion yang semakin mencemari lingkungan. BDFW 2022 akan menghadirkan sejumlah kegiatan seperti AR Fashion Exhibition, Phygital Fashion, Metaverse Fashion Week, VR Experiece, Digital Fashion Competition, NFT Exhibiton hingga Talkshow.

Made Bayak Olah Sampah Jadi Karya Seni

Sejalan dengan tujuan hadirnya BDFW 2022, Made Bayak adalah salah satu seniman yang dikenal kerap menghasilkan karya seni dari olahan sampah khususnya sampah plastik. Dijuluki Plasticology Artist, Made Bayak ingin menyampaikan pesan pada masyarakat agar lebih bijak dalam mengolah sampah. Ia ingin masyarakat agar lebih peduli pada kelestarian lingkungan yang kini mulai tercemar oleh sampah.

"Jadi ide dasarnya adalah bagaimana menggunakan perlengkapan dengan kita sehari-hari, yang kita konsumsi sehari-hari menjadi sebuah karya seni. Pada intinya saya yang merupakan orang Bali, menggabungkan pengetahuan seni rupa yang datang dari Eropa dengan budaya Bali," Ungkap Made Bayak saat menjadi pembicara dalam seminar Phygital Fashion di Kampus IDB, Bali, Jumat 18 November 2022.

Made Bayak Kolaborasi dengan MAJA Labs di BDFW 2022

Made Bayak akan menjadi salah satu seniman yang hadir dalam event Bali Digital Fashion Week 2022. Ia mengaku telah menyiapkan sejumlah karya yang akan dikenalkan pada masyarakat.

"Nanti pada event Bali Digital Fashion Week 2022 saya akan berkolaborasi dengan BDFW 2022 Schieva. Kita sudah komunikasi terkait konsep karya seni yang akan dibuat. Sudah ada konsep dan bayangannya,” ungkapnya.

Baca juga: Phygital Fashion Road to BDFW 2022, Made Bayak Ingin Seni Jadi Medium Pelestarian Alam

Tak hanya dikenal di dalam negeri, seniman lulusan Kampus ISI Denpasar ini diketahui pernah menampilkan karyanya di beberapa negara seperti Amsterdam, Centre Cultural Grasse Prancis, dan negeri-negara Eropa lainnya.




BDFW 2022Bali Digital Fashion Week 2022ARVRDigital FashionMAJA LabsWeb 3NFTSchievaMade Bayak

Share to: