Biodata dan Profil Wayang Hadi Kesumo: Umur, Agama dan Asal, Pimpinan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang Dianggap Sesat

Biodata dan Profil Wayang Hadi Kesumo: Umur, Agama dan Asal, Pimpinan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang Dianggap Sesat

Foto

Biodata dan Profil Wayang Hadi Kesumo (Foto: Istimewa)


Yuk simak biodata dan juga profil Wayang Hadi Kesumo lengkap umur, agama dan asalnya, pimpinan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang dianggap sesat.

Wayang Hadi Kesumo adalah tokoh agama yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Wayang Hadi Kesumo kini berusia 48 tahun dan menganut agama Islam.

Wayang Hadi Kesumo merupakan sosok pendiri sekaligus pemimpin Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang berpusat di Kabupaten Gowa. Wayang Hadi Kesumo dan yayasan yang ia dirikan ini dianggap sesat oleh MUI Sulawesi Selatan karena ajarannya yang melenceng dari ajaran Islam.

Baca Juga: Viral Aliran Sesat Krislam di Sukabumi yang Gabungkan Kristen dan Islam

Seperti apa sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Wayang Hadi Kesumo lengkap umur, agama dan asalnya.

1. Profil Wayang Hadi Kesumo

Wayang Hadi Kesumo merupakan seorang tokoh agama yang lahir di Medan. Ia merantau dan menetap di Gowa sejak tahun 2011 usai menikahi perempuan asli sana.

Wayang Hadi Kesumo diketahui kini berusia 48 tahun dan ia menganut agama Islam.

2. Pendiri dan Pemimpinan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah

Pada tahun 2019, Wayang Hadi Kesumo mendirikan sebuah bangunan bertingkat yang selanjutnya menjadi Yayasan Nur Mutiara Mukhrifatullah.

Yayasan ini berinduk lembaga serupa di Batam. Gedung yayasannya itu dibangun di atas lahan 1.000 meter persegi. Di sana ia mengajar beberapa santri yang merupakan kumpulan anak yatim piatu dan anak terlantar.

3. Dianggap Sesat

Namun, makin kesini ajaran Wayang Hadi Kesumo dianggap sesat oleh ummat muslim dan MUI Sulsel. Hal ini dikarenakan ajarannya yang melenceng dari ajaran Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam itu sendiri.

Beberapa ajarannya yang dianggap melenceng adalah para pengikut yayasan tersebut dilarang mengonsumsi daging binatang, susu dan ikan. Hal ini menurut MUI Sulsel menyalahi aturan, karena menurut mereka, Nabi Muhammad SAW sendiri menganjurkan ummatnya untuk meminum susu dari binatang ternak.

Sementara itu, Hadi menyebut ajarannya memang melarang para santri makan daging dan ikan. Alasanya semata-mata untuk kesehatan.

Mengajarkan santri menerapkan pola hidup sehat, hanya memakan tumbuhan dan tidak tergantung memakan binatang ataupun hewan apalagi bangkai.

Namun ia menegaskan, anjuran dan larangan tidak memakan daging atau ikan tersebut bukan sebuah paksaan. Boleh diikuti, tapi jika tak mau juga tak memaksa.

4. Melarang Salat hingga Yayasan Ditutup

Selanjutnya dalam ajaran Bab Kesucian yang ia bagikan, diketahui Wayang Hadi Kesumo melarang pengikutnya melaksanakan shalat lima waktu. Padahal, dalam agama Islam, shalat merupakan salah satu Rukun Islam.

Dengan dianggap sebagai aliran sesat, Yayasan Nur Mutiara Mukhrifatullah ini ditutup oleh Wayang Hadi Kesumo sendiri pada 3 Januari 2023.

"Karena sudah dikatakan sesat, ya kita ikuti makanya kita tutup, kita dikatakan sesat tapi dibimbing saja tidak, ya sudah tutup saja yayasannya," katanya

"Mulai hari ini per tanggal 3 Januari 2023 kita tutup yayasan ini. Dinyatakan ditutup. Saya sendiri yang tutup," sambungnya.

5. Biodata Wayang Hadi Kesumo

Nama lengkap:Wayang Hadi Kesumo
Nama panggilan:Hadi
Kota asal:Medan (Sekarang di Gowa)
Umur:48 tahun
Agama:Islam
Status:Menikah
Profesi:Tokoh Agama

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Deretan Sekte-sekte Sesat di Indonesia Versi Nessie Judge

Nah, itulah biodata dan juga profil Wayang Hadi Kesumo lengkap umur, agama dan asalnya, pimpinan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang dianggap sesat.




Yayasan Nur Mutiara MakrifatullahPendiri Yayasan Nur Mutiara MakrifatullahPimpinan Yayasan Nur Mutiara MakrifatullahYayasan Nur Mutiara Makrifatullah sesatWayang Hadi KesumoBiodata Wayang Hadi KesumoProfil Wayang Hadi KesumoUmur Wayang Hadi KesumoAgama Wayang Hadi KesumoAsal Wayang Hadi KesumoWayang Hadi Kesumo sesat

Share to: