Hadiri Art Jakarta Gardens 2023, Adrian Zakhary Founder MAJA Labs: Sangat Memberi Ruang Untuk Seni Kontemporer

Hadiri Art Jakarta Gardens 2023, Adrian Zakhary Founder MAJA Labs: Sangat Memberi Ruang Untuk Seni Kontemporer

Hadiri Art Jakarta Gardens 2023, Adrian Zakhary Founder MAJA Labs: Sangat Memberi Ruang Untuk Seni Kontemporer

Adrian Zakhary di Art Jakarta Gardens 2023 (Foto: Istimewa)


Adrian Zakhary Founder MAJA Labs menghadiri hari pertama acara kegiatan seni rupa Artistic Director Art Jakarta Gardens 2023. Acara ini berlangsung 7-12 Februari 2023 di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota Pelataran GBK, Senayan, Jakarta.

Adrian Zakhary mengapresiasi gelaran Art Jakarta Gardens 2023, karena dianggap memberikan ruang untuk seni kontemporer.

Baca Juga: ART Jakarta Gardens 2023 Bakal Digelar di Hutan Kota, Pamerkan Instalasi Seni Karya Seniman Lokal

Hari Pertama Art Jakarta Gardens 2023

Pada Selasa, 7 Februari 2023, Art Jakarta Gardens 2023 resmi dibuka. Acara pembukaan sendiri dihadiri oleh sejumlah tokoh, mereka adalah Artistic Director Art Jakarta Gardens Enin Supriyanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

Kemudian Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid, CEO MRA Media Maulana Indraguna Sutowo, CEO & Co Founder of Plataran Indonesia Yozua Makes dan CEO & Co Founder Bibit.id Sigit Kouwagam.

Art Jakarta Gardens 2023 juga dibuka dengan penampilan spesial dari TRUST Orchestra. TRUST Orchestra sendiri orkestra remaja yang meraih medali emas di World Orchestra Festival 2019 di Austria. Serta pernah tampil di Istana Negara atas undangan Presiden Joko Widodo.

ART Jakarta Gardens 2023 sendiri akan dibuka pada 7 sampai 12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

Art Jakarta Gardens 2023 menampilkan 22 galeri seni rupa dan terkonfirmasi akan 25 patung dan instalasi luar ruang yang akan memperkaya presentasi Art Jakarta Garden 2023.

Beberapa nama seniman yang menampilkan karyanya di luar ruang diantaranya perupa Sunaryo, Nyoman Nuarta dan Yani Maryani dan perupa muda lainnya.

Mendapatkan Respon Positif

ART Jakarta Gardens 2023 ini merupakan edisi kedua dari penyelenggaraan ART Jakarta Gardens, setelah sebelumnya pertama kali digelar pada April 2022 lalu.

Artistic Director Art Jakarta Gardens, Enin Supriyanto mengatakan bahwa ide Art Jakarta untuk menggelar Art Jakarta Gardens ini mendapatkan respon positif dari para pelaku serta pecinta seni di Indonesia. 

"Di tahun 2021 berawal dari gagasan sederhana yang ingin mencoba menyelenggarakan kegiatan seni rupa untuk umum publik di tengah kondisi pandemi. Ternyata gagasan tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari komunitas seni rupa khususnya dari rekan rekan seniman, pecinta dan kolektor seni," kata Enin Supriyanto.

Lebih lanjut, Enin Supriyanto juga berharap Art Jakarta Gardens bisa menyumbang pada dinamika senirupa di Indonesia, yang bisa berdampak pada industri seni.

"Harapan kami sebenarnya sederhana saja dari Art Jakarta Gardens bisa menyumbang  pada dinamika seni rupa di indonesia, khususnya yang berkenaan dengan industri pasar seni rupa," lanjutnya.

Diapresiasi Pemerintah

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia, Hilmar Farid mengapresiasi digelarnya Art Jakarta Gardens 2023 ini. Ia berharap dengan adanya pameran ini bisa mengembangkan kreasi para seniman di Indonesia.

"Harapan saya audiensnya dari Art Jakarta akan tumbuh terus. Dan itu tentu merupakan tanda yang baik sebenarnya untuk tidak hanya dengan turisme, tetapi juga untuk kreasinya di dalam negeri karena forum seperti inilah yang membuat kita terus bisa berkembang," ucap Hilmar Farid.

Tak hanya itu, Hilmar Farid juga terkesan dengan konsep Art Jakarta Gardens yang mengingatkan bahwa Jakarta itu tidak akan pernah lepas dari keseniannya. 

"Art Jakarta Gardens ini mengingkatkan kita di dalam Jakarta ada art atau tidak ada Jakarta tanpa art," pungkasnya.

Adrian Zakhari Apresiasi Art Jakarta Gardens 2023

Sementara itu, Adrian Zakhary turut hadir sebagai undangan di Art Jakarta Gardens 2023. Menurutnya acara Art Jakarta Gardens 2023  ini hadir dengan format yang berbeda karena memberikan porsi yang lebih kepada karya seni khususnya patung.

“Art Jakarta Gardens 2023 ini sangat memberikan ruang yang lebih kepada karya seni khususnya patung dan seni lainnya yang memang ditujukan untuk luar ruangan. Sangat menonjolkan perkembangan seni kontemporer,” ucap Adrian Zakhary.

Baca Juga: MAJA Labs Dukung ART Jakarta Gardens 2023, Percaya NFT Bisa Jadi Medium Baru Seni Rupa

Seperti diketahui Adrian Zakhary merupakan tokoh perkembangan Web3 di Indonesia yang juga concern dengan seni. Beberapa projectnya seperti project digital NFT dan Digital Fashion, menggabungkan fine art dengan teknologi digital.



Art Jakarta Gardens 2023Adrian ZakharyMAJA Labs

Share to: