Biodata dan Profil Wishnutama Kusubandio: Umur, Rekam Jejak dan Prestasi, Eks Menparekraf Ditunjuk Nahkodai Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Biodata dan Profil Wishnutama Kusubandio: Umur, Rekam Jejak dan Prestasi, Eks Menparekraf Ditunjuk Nahkodai Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Biodata dan Profil Wishnutama Kusubandio: Umur, Rekam Jejak dan Prestasi, Eks Menparekraf Ditunjuk Nahkodai Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Wishnutama Kusubandio (Foto: Istimewa)


Yuk simak biodata dan juga profil Wishnutama Kusubandio lengkap umur, rekam jejak dan prestasinya, eks Menparekraf yang ditunjuk nahkodai pembukaan Piala Dunia U-20 2023.

Wishnutama Kusubandio adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang pernah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju. Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura, 4 Mei 1970. Umur Wishnutama Kusubandio adalah 52 tahun dan menganut agama Islam.

Kini, Wishnutama dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menahkodai upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga: Fakta-fakta Wishnutama Jadi Arsitek Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, Akan Digelar dengan Meriah Gaes!

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Wishnutama Kusubandio lengkap umur, rekam jejak dan prestasinya.

1. Profil Wishnutama Kusbandio

Wishnutama Kusubandio adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Pria yang akrab disapa Mas Tama ini kini berusia 52 tahun dan ia menganut agama Islam.

2. Rekam Jejak Wishnutama

Wishnutama mengawali karirnya di dunia pertelevisian dengan menjadi Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Kemudian ia memulai karirnya di Indonesia sebagai Supervisor On Air Promotion di Indosiar.

Ia juga sempat bekerja di Trans TV dan Trans7 sebagai Direktur Utama. Pada saat masa kepemimpinan Wishnutama, lahir berbagai acara ternama di Trans TV dan Trans7, beberapa diantaranya Extravaganza, Dunia Lain, Termehek-Mehek, Opera Van Java, On The Spot, dan Indonesia Mencari Bakat, dan masih banyak lagi.

Wishnutama keluar dari Trans TV dan mendirikan stasiun TV sendiri bernama NET TV pada 2013. Di masa kepemimpinan Wishnutama pula, NET TV tumbuh sebagai stasiun TV yang populer dengan beberapa program acara, seperti Ini Talkshow, Tonight Show dan Ok Jek.

Wishnutama keluar dari NET TV usai ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Namun, dirinya terkena reshuffle dan digantikan Sandiaga Uno pada 23 Desember 2020.

Setelah itu, Wishnutama ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkomsel sejak bulan Februari 2021. Dirinya juga kini mengembangkan platform Metaverse yang bernama Jagat Nusantara dibawah PT Avatara Jagat Nusantara.

3. Prestasi

- Best CEO oleh Majalah SWA tahun 2010

- Indonesia Youngster Inc. versi Majalah SWA

- Marketeer of the Year 2015 Indonesia Marketing Champion category: Broadcast,TV, and Media

- The 500 Most Influential CEOs in The World berdasar Richtopia.com tahun 2015

- The Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries oleh Tempo Media Group

- The Winner of 2016 Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEX2) Awards

- Best Digital Talent - Digital Business Leader Bubu Awards 2017 Indosat Ooredoo IDByte

- Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards (Television and Radio) IdeaFest 2017

- The Most Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi

- Tokoh Pemberdayaan 2018 oleh Rumah Zakat Indonesia

4. Nahkodai Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Menpora Zainudin Amali memastikan bahwa Wishnutama diberi kepercayaan menjadi menahkodai upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei 2023 mendatang.

Wishnutama sendiri dipilih karena ia memiliki rekam jejak yang bagus dalam mengelola acara bertaraf internasional, seperti pembukaan Asian Games 2018 dan yang terbaru adalah Gala Dinner KTT G20 di Bali pada November 2022 kemarin.

5. Biodata Wishnutama Kusbandio

Nama lengkap:Wishnutama Kusbandio
Nama panggilan:Mas Tama
Kota asal:Jayapura, Papua
Tanggal lahir:4 Mei 1970
Umur:52 tahun
Agama:Islam
Pendidikan:Norwich University, Mount Ida College, Emerson College
Profesi:Pengusaha
Akun TikTok:

@wishnutama.id

Akun Instagram:

@wishnutama

Baca Juga: Wishnutama Tangani Piala Dunia U-20 2023, Gibran Rakabuming: Clossing Pakai KPOP

Nah, itulah biodata dan juga profil Wishnutama Kusubandio lengkap umur, rejkam jejak dan prestasinya, eks Menparekraf yang ditunjuk nahkodai pembukaan Piala Dunia U-20 2023.




Wishnutama KusubandioBiodata Wishnutama KusubandioProfil Wishnutama KusubandioUmur Wishnutama KusubandioPrestasi Wishnutama KusubandioWishnutama Piala Dunia U-20 2023Rekam jejak Wishnutama Kusbandio

Share to: