Fakta-fakta Wishnutama Jadi Arsitek Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, Akan Digelar dengan Meriah Gaes!

Fakta-fakta Wishnutama Jadi Arsitek Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, Akan Digelar dengan Meriah Gaes!

Fakta-fakta Wishnutama Jadi Arsitek Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, Akan Digelar dengan Meriah Gaes!

Wishnutama (Foto: Istimewa)


Inilah fakta-fakta Wishnutama yang menjadi arsitek upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023.

Wishnutama resmi ditunjuk oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk menjadi arsitek upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Dengan tangan dingin Wishnutama, pembukaan Piala Dunia U-20 2023 ini rencananya akan digelar secara meriah.

Baca Juga: Potensi Ekonomi Digital Indonesia Rp 5500 Triliun di 2030, Wishnutama: Jangan Sampai Direbut Negara Lain

Wishnutama Jadi Arsitek Upacara Pembukaan Piala Dunia U-20

Menpora Zainudin Amali memastikan bahwa Wishnutama diberi kepercayaan menjadi arsitek upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Hal ini Zainudin Amali ungkapkan menggelar rapat bersama PSSI di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta pada Kamis, 19 Januari 2023.

"Pak Wishnutama ahli di bidangnya, sudah teruji. Namun ini masih menunggu rapat terbatas dahulu," kata Zaiundin yang juga Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2023 Organizing Committee (INAFOC).

Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan digelar di Indonesia pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023. Piala Dunia U-20 ini diikuti 24 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Turnamen ini menggunakan enam stadion, meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Wishnutama Kerap Tangani Acara-Acara Penting

Seperti yang diucapkan Zainudin Amali, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini memang sudah ahli dan teruji dengan konsep-konsepnya yang luar biasa.

Sejumlah acara-acara penting bertaraf internasional di Indonesia sudah pernah Wishnutama tangani, seperti ia dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi arsitek di upacara pembukaan Asean Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Yang terbaru adalah Wishnutama menjadi sosok penting dibalik acara makan malam megah dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali November 2022 lalu.

Disetujui Presiden FIFA

Zainudin Amali juga mengungkapkan bahwa pengadaan upacara pembukaan ini juga telah disetujui Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Lalu diizinkan oleh Presiden FIFA. Hanya saja, jangan membayangkan pembukaan itu sama dengan Piala Dunia senior," kata Zainudin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan usulan untuk digelarnya upacara pembukaan di Piala Dunia U-20. Kemudian INAFOC mengajukan permintaan khusus langsung kepada Presiden FIFA untuk menggelar acara pembukaan di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Akan Digelar Secara Meriah

FIFA sebenarnya tidak terbiasa dengan acara pembukaan dalam Piala Dunia U-20. Biasanya FIFA hanya akan mengijinkan pembukaan sederahana di Piala Dunia U-20 karena kurangnya peminat, berbeda dengan Piala Dunia level senior.

Namun, karena peminat sepak bola di Indonesia yang cukup tinggi. Membuat Presiden FIFA akhirnya mengijinkan adanya upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Pemerintah pun siap memberikan dana kepada Wishnutama untuk menggelar acara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 ini dengan meriah.

Baca Juga: Hadiri Rakornas ICCN 2022, Wishnutama Ungkap Web 3.0 Jadi Momentum Kebangkitan Digital Indonesia

Setelah resmi mendapatkan restu dari FIFA untuk menggelar upacara pembukaan, kini INAFOC juga sedang berkomunikasi dengan FIFA untuk bisa menggelar upacara serupa di hari penutupan atau di partai final Piala Dunia U-20 nanti.




WishnutamaWishnutama Piala Dunia U-20 2023Piala Dunia U-20 2023Upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Share to: