Biodata dan Profil Johnny G Plate: Umur, Agama dan Kekayaan, Menkominfo Jadi Tersangka Dugaan Korupsi BTS 8 Triliun

Biodata dan Profil Johnny G Plate: Umur, Agama dan Kekayaan, Menkominfo Jadi Tersangka Dugaan Korupsi BTS 8 Triliun

Biodata dan Profil Johnny G Plate: Umur, Agama dan Kekayaan, Menkominfo Jadi Tersangka Dugaan Korupsi BTS 8 Triliun

Biodata dan Profil Johnny G Plate (Foto: Istimewa)


Yuk simak biodata dan juga profil Johnny G Plate lengkap umur, agama dan kekayaannya, Menkominfo yang jadi tersangka dugaan korupsi BTS 8 Triliun.

Johnny G Plate adalah sosok Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Indonesia saat ini. Dirinya menjabat sebagai Menkominfo sejak 23 Oktober 2019.

Johnny G Plate sendiri baru-baru ini ditetapkan menjadi tersangka dugaan kasus korupsi proyeksi BTS yang merugikan negara hingga 8 Triliun.

Baca Juga: Biodata dan Profil Abdul Gafur Mas'ud: Umur, Agama dan Keluarga, Bupati Simpan Uang Korupsi di Nur Afifah Balqis

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Johnny G Plate lengkap umur, agama dan kekayaannya.

1. Profil Johnny G Plate

Johnny G Plate adalah sosok Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Indonesia saat ini. Johnny G Plate lahir di Ruteng, Nusa Tenggara Timur, 10 September 1956. Umur Johnny G Plate adalah 66 tahun dan menganut agama Katolik.

2. Karier Johnny G Plate

Pada awal 1980-an, Johnny G Plate memasuki bisnis peralatan pertanian, selama booming di perkebunan baru di Kalimantan dan Irian Jaya. Johnny kemudian bergabung dengan AirAsia dan menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan.

Johnny mencalonkan diri dalam pemilihan umum legislatif 2014 sebagai calon Partai NasDem di daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur 1, dan ia berhasil mengamankan kursi setelah memenangkan 33.704 suara.

Selama masa jabatannya di Dewan Perwakilan Rakyat, ia diangkat menjadi Sekretaris Jenderal NasDem pada tahun 2017. Ia terpilih kembali pada 2019 dengan 115.921 suara.

Johnny G Plate diangkat menjadi Menkominfo oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019. 

3. Tersangka Dugaan Korupsi BTS 8 Triliun

Johnny G Plate ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah diperiksa di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan pada Rabu, 17 Mei 2023.

Johnny G Plate diduga terlibat dalam kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022 yang merugikan negara hingga 8 Triliun.

Digedung Kejagung, Plate terlihat mengenakan rompi tahanan Kejagung warna merah muda. Dia ditahan setelah diperiksa oleh penyidik. Plate langsung dibawa ke mobil tahanan.

"Penyidik telah meningkatkan status yang bersangkutan menjadi tersangka dan selanjutnya terhadap yang bersangkutan dilakukan penahanan," ucap Direktur Penyidikan (Dirdik) Kejagung, Kuntadi.

4. Kekayaan Johnny G Plate

Usai diduga terlibat korupsi, kekayaan Johnny G Plate pun menjadi sorotan netizen. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 16 Maret 2022 untuk periode 2021, Jhonny memiliki kekayaan senilai Rp191.236.409.092.

Jhonny juga memiliki harta berupa tanah dan bangunan. Dalam laporan LHKPN tercatat memiliki 48 aset tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp141.463.603.886.

Aset tanah dan bangunan tersebar di Kabupaten atau Kota Depok, Kabupaten atau Kota Jakarta Selatan, Kabupaten atauKota Jakarta Timur, Kabupaten atau Kota Manggarai, serta paling banyak di Kabupaten atauKota Cilegon.

Selain itu, Jhonny juga mempunyai kendaraan berupa 2 unit mobil dengan total nilai Rp 460 juta. Kendaraan itu mobil Toyota Alphard Minibus tahun 2013 senilai Rp320 juta, dan mobil Mitsubishi Colt Truck tahun 2013 senilai Rp 140 juta.

Ada juga harta bergerak lainnya senilai Rp 3,61 miliar, surat berharga Rp 4,11 miliar, serta kas dan setara kas Rp 51,39 miliar.

Selain itu Johnny Plate juga tercatat memiliki utang senilai Rp 10,35 miliar. Maka dari laporan tersebut total kekayaan Johnny G Plate sebesar Rp 191.236.409.092.

5. Biodata Jhonny G Plate

Nama lengkap:Johnny Gerard Plate
Nama panggung:Johnny G Plate
Kota asal:Ruteng, Nusa Tenggara Timur
Tanggal lahir:10 September 1956
Umur:66 tahun
Agama:Katolik
Pendidikan:Universitas Katolik Atma Jaya
Profesi:Menkominfo

Baca Juga: Biodata dan Profil Tiorita Surbakti: Umur, Agama dan Akun IG, Istri Bupati Langkat Tersangka Korupsi

Nah, itulah biodata dan juga profil Johnny G Plate lengkap umur, agama dan kekayaannya, Menkominfo yang jadi tersangka dugaan korupsi BTS 8 Triliun.




Menkominfo korupsiMenkominfo tersangkaJohnny G PlateJohnny G Plate korupsiJohnny G Plate tersangkaKorupsi BTS 8 TriliunBiodata Johnny G PlateProfil Johnny G PlateUmur Johnny G PlateAgama Johnny G PlateKekayaan Johnny G Plate

Share to: