Daniel Koh Gelar Pameran Tunggal CASTANEDA FACTOR, Hadirkan Lebih dari 100 Karya Seni

Daniel Koh Gelar Pameran Tunggal CASTANEDA FACTOR, Hadirkan Lebih dari 100 Karya Seni

	Daniel Koh Gelar Pameran Tunggal CASTANEDA FACTOR, Hadirkan Lebih dari 100 Karya Seni

Daniel Koh Gelar Pameran Tunggal CASTANEDA FACTOR (Foto: Istimewa)


Seniman asal Indonesia, Daniel Koh baru saja membuka pameran tunggalnya yang bertajuk "CASTANEDA FACTOR".

Di pameran "CASTANEDA FACTOR" ini, Daniel Koh menghadirkan lebih dari 100 karya seni yang telah dikurasi oleh Jim Supangkat.

Baca Juga: Art 1 Museum Buka Pameran Nana Tedja 'Love is Happiness', Ada Live Painting Disaksikan Kolektor

Pameran Tunggal Daniel Koh

Pada Sabtu, 15 Juli 2023, Daniel Koh telah membuka pameran tunggalnya yang bertajuk "CASTANEDA FACTOR".

Pameran ini digelar di JAGAD GALLERY yang berlokasi di Wisma Geha, Lt 2, Jl. Timor 25, Gondangdia Menteng, Jakarta Pusat. Berdiri pada 2015 di Seminyak, Bali, JAGAD GALLERY beroperasi dengan mengangkat seniman-seniman “pinggiran” yang belum dikenal luas di “arus utama” dunia seni rupa Indonesia.

Melalui catatan kuratorialnya, Jim Supangkat memilih Castaneda Factor atau “Unsur Castaneda” sebagai bingkai kurasi setelah melakukan percakapan dengan seniman yang mengemukakan bahwa karya-karyanya sangat dipengaruhi pemikiran Carlos Castaneda, yang kemudian dilihat olehnya sebagai konsep penting pada proses berkarya sang seniman.

Sebagai informasi, Carlos Castaneda (1925-1998) adalah seorang penulis legendaris. Sarjana antropologi University of California, Amerika Serikat (UCLA) yang menulis 12 buku—antara 1968 sampai 1998–yang semuanya menjadi best seller.

Buku-buku Carlos Castaneda sama sekali bukan novel. Cerita pada buku-buku ini adalah kisah nyata yang bersumber pada pengalamannya menjalani kehidupan janggal. 

Sementara itu, pameran tunggal Daniel Koh yang berada di JAGAD GALLERY ini akan berlangsung selama sebulan, mulai 16 Juli 2023 hingga 15 Agustus 2023.

Hadirkan Lebih dari 100 Karya Seni

Dalam pameran tunggalnya ini, Daniel Koh menghadirkan lebih dari 100 karya seni yang sudah dikurasi oleh Jim Supangkat. Karya seni itu terbagi menjadi dua, yakni 93 karya seni lukis dan 20 karya seni patung.

Daniel Koh adalah seorang seniman yang sudah sering mengikuti berbagai pameran. Salah satu karyanya yang menarik adalah pada pameran “OwALAH” di Bentara Budaya, Jakarta. Dimana Daniel Koh membuat instalasi dinding PiraPyramida, yang dibuat pada tahun 2022.

Baca Juga: I Gusti Nyoman Lempad Gelar Pameran Darkness Is White, Dibuka Wagub Bali Cok Ace

Komponen instalasi dinding ini adalah enam-puluh bentukan kayu tiga dimensi yang crafty (sekitar 10 sentimeter) disusun dalam formasi segi-tiga di dinding dengan garis tengah 2 meter. 




Daniel KohPameran tunggal Daniel KohCASTANEDA FACTORJAGAD GALLERYCarlos Castaneda

Share to: