Biodata dan Profil Gibran Rakabuming: Umur, Karier dan Pendidikan, Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Biodata dan Profil Gibran Rakabuming: Umur, Karier dan Pendidikan, Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Biodata dan Profil Gibran Rakabuming: Umur, Karier dan Pendidikan, Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Biodata dan Profil Gibran Rakabuming (Foto: Istimewa)


Berikut adalah biodata dan profil Gibran Rakabuming lengkap umur, karier dan pendidikannya, cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai sosok cawapres yang akan mendampingi dirinya di Pilpres 2024.

Pengumuman ini disampaikan Prabowo usai terjadinya pertemuan para ketum partai Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Baca Juga: Pilkada Solo, Ini Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Gaes

Seperti apa sosok dari Gibran Rakabuming? Berikut adalah biodata dan profil Gibran Rakabuming lengkap umur, karier dan pendidikannya.

1. Profil Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka adalah anak pertama dari Presiden Joko Widodo dan sang istri, Iriana. Gibran memiliki adik yang juga jadi Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Gibran Rakabuming sendiri lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987, yang berarti kini ia berusia 36 tahun.

Pada tahun 2015, Gibran menikah dengan mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Dari pernikahan itu, Gibran dikaruniai dua anak, Jan Ethes Srinarendra (2016) dan La Lembah Manah (2019).

2. Karier Gibran Rakabuming

Gibran merintis bisnisnya dengan membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar. Selain itu, Gibran juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Pada 20 Juli 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius mendirikan restoran bernama Mangkokku. Sebelumnya, pada 17 Agustus 2018 ia membangun Goola bersama Kevin Susanto dan memperoleh pendanaan dari Alpha JWC Ventures senilai Rp 71 miliar.

Karier Gibran di dunia politik dimulai ketika ia diusung sebagai bakal calon walikota Solo oleh PDI-P pada Pilkada 2020. Gibran yang dipasangkan dengan Teguh Prakosa berhasil menang dan menjadi Wakilota Solo periode 2021-2026.

3. Pendidikan Gibran Rakabuming

Sejak kecil Gibran menetap di Surakarta, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010.

4. Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Pada Minggu, 22 Oktober 2023 di kediamannya, Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai cawapres yang akan mendampingi dirinya di Pilpres 2024.

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," ucap Prabowo Subianto.

Prabowo menyebutkan kalau keputusan Gibran sebagai cawapres merupakan keputusan bersama yang diambil oleh Koalisi Indonesia Maju, yang berisi Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda dan Prima.

"Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi ini keputusan, afirmasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia Maju," sambungnya.

Sebelumnya, Gibran sempat terhalang untuk menjadi cawapres karena usianya yang masih dibawah 40 tahun. Namun pada 16 Oktober 2023, Mahkamah Konstitusi resmi merubah batas usia capres dan cawapres menjadi minimal 35 tahun dengan syarat sudah punya pengalaman menjadi kepala daerah. 

Keputusan ini membuat Gibran berhak ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 dan pada akhirnya ia dipilih untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto.

5. Biodata Gibran Rakabuming

Nama lengkap:Gibran Rakabuming Raka
Nama panggilan:Gibran
Tempat, tanggal lahir:Surakarta, 1 Oktober 1987
Umur:36 tahun
Agama:Islam
Orangtua:Joko Widodo (ayah), Iriana (ibu)
Pasangan:Selvi Ananda
Pendidikan:Management Development Institute of Singapore (MDIS), Insearch University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia
Profesi:Politikus, Pengusaha
Akun Instagram:

@gibran_rakabuming

Baca Juga: Ketemu Prabowo Subianto, Netizen Soroti Sikap Sopan Santun Kaesang

Nah, itulah biodata dan profil Gibran Rakabuming lengkap umur, karier dan pendidikannya




Gibran RakabumingProfil Gibran RakabumingBiodata Gibran RakabumingUmur Gibran RakabumingKarier Gibran RakabumingPendidikan Gibran RakabumingPrabowo SubiantoCawapres Prabowo SubiantoGibran cawapres PrabowoPolitikPolitik 2024Pemilu 2024Pilpres 2024

Share to: