Pakar Ungkap Hilirisasi Digital Mampu Mengakselerasi Kedaulatan Digital Bangsa

Pakar Ungkap Hilirisasi Digital Mampu Mengakselerasi Kedaulatan Digital Bangsa

Pakar Ungkap Hilirisasi Digital Mampu Mengakselerasi Kedaulatan Digital Bangsa

Pakar Digital, Adrian Zakhary (Foto: MAJA Labs)


Hilirisasi digital menjadi ungkapan yang viral setelah menjadi salah satu visi dan misi yang dibawa Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Pakar digital, Adrian Zakhary pun turut menyoroti topik hilirisasi digital yang disebutkan oleh Gibran. Adrian menyebut hilirisasi digital sangat penting karena bisa mengakselerasi kedaulatan digital bangsa.

Baca Juga: Gibran Tegaskan Kesempatan Menuju Indonesia Emas Takkan Terulang Lagi

Tak hanya itu, Adrian juga menyinggung soal Web3 dan Blockchain yang akan menjadi game changer jika para pemimpin bangsa serius untuk memahaminya.

Foto: MAJA Labs

“Hilirisasi digital bisa mengakselerasi kedaulatan digital Bangsa Indonesia. Blockchain akan menjadi Game Changer jika pemimpin mau memahami masalah disrupsi ini,” ujar Adrian Zakhary.

Adrian Zakhary yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang aktif mengembangkan ekosistem digital di Indonesia termasuk Web3 dan Blockchain, menyebut peran anak muda baik itu milenial maupaun Gen Z sangat penting untuk menyongsong era Indonesia Emas.

"Jangan hanya menyebut anak muda sebagai “anak muda, milenial atau gen Z”. Kami bukan lah sebuah “istilah” tapi kami adalah pembawa panji dan prajurit terdepan bersama Panglima Berani dan Bijaksana yang akan menyongsong era Indonesia Emas. So, Big Respect for Gibran,” imbuhnya.

Adrian Zakhary berharap kedepan Indonesia memiliki pemimpin yang paham dan mau bergerak mendukung kebangkitan digital di Indonesia.

“Mimpi saya sejak lama, Indonesia bisa memiliki kedaulatan digital. Hilirisasi Digital bisa menjadi satu langkah besar untuk itu, terutama di Web 3.0, pada era Blockchain, pemimpin harus adaptif dan mendukung kebangkitan digital Republik Indonesia,” ujar Adrian.

Baca Juga: Adrian Zakhary Apresiasi Gibran Rakabuming soal Hilirisasi Digital Menuju Indonesia Emas

Diketahui bahwa dalam debat cawapres 22 Desember 2023 kemarin, Gibran menyebutkan bahwa ia akan menyiapkan generasi muda untuk melanjutkan hilirisasi di berbagai aspek, termasuk digital.




Pakar digitalAdrian ZakharyHilirisasi digitalWeb3BlockchainKedaulatan digital IndonesiaGibran Rakabuming Raka

Share to: