Adrian Zakhary Sebut Bung Karno Pecinta Seni Sejati, Jadi Inspirasi dan Spirit Bangun Negeri

Adrian Zakhary Sebut Bung Karno Pecinta Seni Sejati, Jadi Inspirasi dan Spirit Bangun Negeri

Adrian Zakhary Sebut Bung Karno Pecinta Seni Sejati, Jadi Inspirasi dan Spirit Bangun Negeri

Founder sekaligus CEO Maja Labs Adrian Zakhary


Founder sekaligus CEO Maja Labs Adrian Zakhary menyebut bahwa Bung Karno adalah sosok yang sangat mencintai seni.   Bung Karno begitu dekat dengan dunia seni, dan mengoleksi berbagai karya seni mulai dari lukisan hingga patung.

Bahkan menurut Adrian presiden pertama Indonesia tersebut merupakan salah satu kolektor seni Indonesia. Sosok Bung Karno dan seni budaya Indonesia seolah tidak bisa dipisahkan, bahkan seni menjadi salah satu inspirasi dan spirit dalam membangun negeri.

"Bung Karno sejatinya adalah tokoh di lingkungan seni pertama di Indonesia, beliau adalah kolektor awal seni, lukisan, patung dan sebagainya, dan dari sana menjadi spirit membangun negeri ini dengan unsur keseniannya," ucap Adrian Zakhary, Jumat 3 November 2023 di acara di Lead The Talks by Lead The Fest 2023 secara daring. 

Seni sejatinya juga tidak bisa dipisahkan dari setiap diri manusia. Menurut pria yang juga seorang kolektor muda berbagai karya seni ini setiap manusia alamiahnya lahir dengan darah seni, hanya. Namun pada proses selanjutnya beragam dalam menyikapi seni itu sendiri.

"Semua orang yang lahir, pasti memiliki gen seninya. Apalagi manusia Indonesia yang lahir dengan segala kekayaan kebudayaan yang pastinya menginspirasi," ungkap Adrian.

Ada sebagian yang merespons seni sebagai suatu kebudayaan yang harus dijaga, dipelajari hingga diapresiasi. Ada juga yang hanya sebagai penikmat suatu karya seni. Menurutnya hal ini tergantung pada proses edukasi soal seni pada setiap individu.

"Seni sudah mendarah daging buat kita, tapi kebanyakan dari kita dalam memposisikan seni beragam, ada yang sekedar melihat-lihat saja, ada yang menikmat, ada juga yang ambil peran dalam ekosistem seni tersebut," bebernya.

Menurut Adrian dalam menyikapi seni kita bisa belajar pada sosok Bung Karno. Menurutnya Bung Karno seorang pecinta seni sejati, selain menjadi kolektor seni, juga seorang yang sangat menghargai dan mengapresiasi seni dan mendukung atau support para seniman.






Share to: