Menkominfo di Seminar Nasional Dewan Pers Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Berkualitas: Jangan Clickbait!

Menkominfo di Seminar Nasional Dewan Pers Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Berkualitas: Jangan Clickbait!

Menkominfo di Seminar Nasional Dewan Pers Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Berkualitas: Jangan Clickbait!

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menegaskan pentingnya menjaga hadirnya jurnalisme berkualitas. Hal tersebut disampaikan Menkominfo dalam sambutannya di acara Seminar Nasional Dewan Pers di Jakarta Selatan, Rabu (08/11/2023).

Menurutnya hadirnya berbagai platform digital seperti sosial media telah mulai menggeser kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Media sosial hari ini nyatanya sudah menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat. Walau demikian Budi Arie menegaskan publik masih lebih percaya pada pemberitaan yang disajikan oleh media-media arus utama.

"Kehadiran platform digital telah mengubah pola masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Perubahan tersebut memunculkan kesenjangan kepercayaan publik antara media mainstream dan media sosial yang semakin tinggi. Ini juga trennya meningkat. Tapi tetap media mainstream tetap dipercaya sebagai rujukan," kata Budi Arie di Jakarta pada Rabu (6/11/2023).  

Baca juga: Dewan Pers Gelar Seminar Jurnalistik, Dibuka Menkominfo Budi Arie hingga Dihadiri Ratusan Perwakilan Pers

Hadirnya berbagai platform digital media sosial yang telah banyak berkembangan beberapa tahun belakangan ini membuat masyarakat semakin mudah mengakses berbagai informasi. Menurut Budi situasi ini, tentunya menjadi suatu tantangan tersendiri bagi dunia jurnalisme dan bisnis media.

"Selain itu akses publik terhadap informasi yang berkualitas dan penurunan ketertarikan publik terhadap berita dibanding konten media sosial yang semakin atraktif. Jadi lawannya media mainstream ini sosial media atau citizen journalism yang muncul dan berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir ini," ungkapnya.  

Sebab itu menurut Budi penting hadirnya satu regulasi untuk tetap menjaga kualitas pemberitaan yang objektif. Sebab itu dirinya menegaskan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Publisher Right menjadi hal yang sangat penting dalam mengatasi tantangan pers di era digital.  

"Untuk merespon kondisi yang menghadirkan beragam tantangan pada kegiatan jurnalisme, pemerintah bersama dengan Dewan Pers dan seluruh insan pers terus berupaya menghadirkan jurnalisme yang berkualitas," ucapnya.

Baca juga: Seminar Jurnalistik untuk Jurnalisme Berkualitas, Dewan Pers: Wartawan Harus Multitasking  

Selanjutnya Menkominfo memohon kerjasama rekan-rekan media untuk ikut sukseskan gelaran Pemilu 2024 dengan menghadirkan pemberitaan yang objektif. Dirinya mengingatkan agar kualitas pemberitaan terjaga, tidak clickbait yang bisa merugikan masyarakat.  

"Kami meminta dukungan rekan-rekan semua untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. Saya meminta rekan-rekan memprioritaskan seluruh obyektifitas dan kualitas pemberitaan serta menghindari pemberitaan yang semata-mata mengedepankan sensasi atau bahasa media online clickbait," jelas Budi Arie. 




Dewan PersMenkominfoBudi Arie SetiadiSeminar JurnalistikJurnalisme Berkualitas

Share to: