Art Jakarta 2023 Resmi Digelar, Hadirkan Lukisan hingga Instalasi di Satu Tempat

Art Jakarta 2023 Resmi Digelar, Hadirkan Lukisan hingga Instalasi di Satu Tempat

Art Jakarta 2023 Resmi Digelar, Hadirkan Lukisan hingga Instalasi di Satu Tempat

Art Jakarta 2023 Resmi Digelar (Foto: Istimewa)


Art Jakarta 2023 telah resmi digelar usai dibuka pada Jumat (17/11/2023) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Art Jakarta menghadirkan lukisan hingga instalasi di satu tempat, sehingga memudahkan pengunjung untuk bisa mengekslpor karya-karya seni yang dipamerkan setiap galeri dari lukisan hingga patung.

Baca Juga: Ditempat yang Lebih Besar, Art Jakarta 2023 Bakal Hadirkan 68 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Art Jakarta 2023 Resmi Digelar

Art Jakarta 2023 telah resmi dibuka usai digelarnya acara Press Conference dan Opening Ceremony Art Jakarta 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Jumat (17/11/2023).

Tahun 2023 ini merupakan tahun ke-13 penyelenggaraan Art Jakarta sejak pertama kali digelar pada tahun 2009 lalu dengan nama Bazaar Art Jakarta.

Art Jakarta 2023 akan hadir selama tiga hari, 17-19 November 2023. Dimana di tanggal 18-19 November Art Jakarta 2023 akan dibuka untuk umum.

 

CEO MRA Group, Maulana Indraguna berharap Art Jakarta bisa menjadi forum internasional dalam dunia seni.

“Art Jakarta sebagai bagian dari MRA Media terus mengembangkan diri sebagai respons terhadap perkembangan dunia seni rupa Indonesia. Saya bangga Art Jakarta saat ini menjadi pekan seni rupa kontemporer internasional yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Semoga Art Jakarta bisa terus menjadi forum internasional bagi para pemangku kepentingan utama di Asia dan ikut melayani ekosistem seni di kawasan ini," ucap Maulana Indraguna dikutip dari rilis Art Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Acara Press Conference Art Jakarta 2023 juga turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, mulai dari perwakilan lead partners yakni Yang Vi Sun (Indonesia Market Head and Group Head Private Banking Southeast Asia Julius Baer), Maya Rizano (Head of Strategic Communication and Brand UOB Indonesia), Raditya Dika (Brand Ambassador Bibit).

Kemudian hadir pula Ni Made Ayu Marthini (Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) serta Hilmar Farid (Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi).

Hilmar Farid mengapresiasi gelaran Art Jakarta 2023 yang berhasil menghadirkan galeri-galeri dari luar negeri. Hal ini menandakan Art Jakarta sudah mendapatkan tempat di para pecinta seni dunia.

"Sekarang Art Jakarta berhasil menghasilkan galeri sebanyak itu, karya sebanyak itu dan pengunjung sebanyak itu menandakan (Art Jakarta) sudah mendapat tempat di skena seni global," ucap Hilmar Farid.

Perlu diketahui, Art Jakarta 2023 menghadirkan total 68 galeri. Terdiri dari 40 galeri Indonesia, dan 28 galeri internasional yang berasal dari berbagai negara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia.

Hadirkan Lukisan hingga Instalasi di Satu Tempat

Hadir di tempat yang lebih besar, memungkinkan Art Jakarta untuk menghadirkan berbagai karya seni di satu tempat. 

Menempati area gabungan Hall B3 dan C3 di JIEXPO Kemayoran, dengan luas sekitar 10.000 m2, Art Jakarta 2023 menghadirkan pameran lebih besar yang memungkinkan galeri-galeri yang berpartisipasi bisa menggabungkan lukisan dan instalasi seperti patung di booth yang sama.

Seperti yang diketahui, pada penyelenggaraan edisi sebelumnya, Art Jakarta mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC). Namun pada tahun ini, Art Jakarta berpindah tempat ke JIEXPO Kemayoran.

Artistik Director Enin Supriyanto mengungkapkan di venue yang baru ini, diharapkan Art Jakarta bisa berperan penting dalam menjaga dinamika perkembangan seni rupa di Indonesia bahkan dunia.

“Di venue baru, Art Jakarta tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan penuh dari galeri maupun rekanan yang berperan serta. Semua optimistis. Kita semua berharap bahwa di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta sebagai pelantar/platform dan forum dapat berperan makin penting dalam menjaga dinamika perkembangan medan seni rupa di Indonesia, bahkan Asia," ujar Enin Supriyanto dikutip dari rilis Art Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Ada Area Bermain Anak hingga Talkshow

Selain itu, Art Jakarta juga akan menghadirkan kembali beberapa program unggulan Art Jakarta setiap tahunnya yakni, Gallery, dengan menghadirkan 68 galeri seni dari Indonesia dan internasional.

Kemudian ada Art Jakarta Spot, Platform untuk presentasi istimewa berupa instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini. Untuk itu, Spot dalam Art Jakarta 2023 akan memasang sembilan karya seni yang telah terkurasi untuk dipamerkan di area publik pekan seni ini.

Kemudian PLAY by UOB Indonesia. Dirancang khusus untuk menyediakan area bermain bagi anak-anak, mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. Dipersembahkan oleh UOB Indonesia, PLAY tahun ini dikomisikan kepada Farhan Siki, pemenang UOB Indonesia Painting of the Year 2022, agar menggagas ruang interaktif “Plant a Tree, Plant a Life” yang dinamis di mana anak-anak dapat mengenal seni rupa dengan bermain-main dan berimajinasi. 

Lalu ada SCENE, segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana dalam upaya mereka. Art Jakarta mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif dalam penggalangan ini, khususnya dari mereka yang berada di luar kawasan Jakarta, untuk ikut memperkuat semangat komunitas di kancah seni rupa.

Baca Juga: Art Jakarta 2023 Siap Digelar November, Hadirkan Puluhan Galeri Seni dari Indonesia hingga Rusia

Lalu ada AJ TALK, platfom bagi para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung.




Art Jakarta 2023Pameran seniPameran seni Jakarta

Share to: