Fakta dan Sejarah Hari Pohon Sedunia, Diperingati Setiap Tanggal 21 November

Fakta dan Sejarah Hari Pohon Sedunia, Diperingati Setiap Tanggal 21 November

Fakta dan Sejarah Hari Pohon Sedunia, Diperingati Setiap Tanggal 21 November

Fakta dan Sejarah Hari Pohon Sedunia (Foto: Pixabay)


Inilah fakta dan sejarah diperingatinya Hari Pohon Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 21 November.

Hari Pohon Sedunia diperingati tanggal 21 November setiap tahunnya. Termasuk di tahun 2023 ini, semua orang merayakan Hari Pohon Sedunia 2023 atau World Tree Day 2023.

Baca Juga: Ini Tema Hari Anak Sedunia 2023

Kenapa diperingati setiap tanggal 21 November? Dan bagaimana sejarah awal peringatan Hari Pohon Sedunia ini? 

Sejarah Hari Pohon Sedunia

Dilansir situs Britannica, sejarah awal peringatan Hari Pohon Sedunia ini berawal pada tahun 1854, di mana Julius Sterling Morton dan istrinya, Caroline Joy French, pindah dari Michigan ke Nebraska, sebuah wilayah yang baru terbentuk tanpa pepohonan. Dengan kondisi tersebut, dia berusaha mendorong warga untuk menanam pohon untuk melestarikan lingkungan dan memperindah wilayah pemukiman tempatnya tinggal.

Lalu, pada tanggal 10 April 1872, Julius Sterling Morton mengusulkan satu hari untuk menanam pohon. Selanjutnya, Hari Pohon Sedunia ditetapkan pada 21 November.

Perayaan Hari Pohon Sedunia pertama kali diselenggarakan di Spanyol. Pada saat memperingatinya, banyak pihak melakukan gerakan penanaman pohon. Dunia menyebutnya sebagai Arbor Day. Arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

Tujuan Hari Pohon Sedunia

Tujuan diperingatinya Hari Pohon Sedunia adalah untuk mengingatkan kita sebagai manusia akan pentingnya pohon untuk kehidupan di Bumi.

Baca Juga: Mengapa 20 November, Diperingati Sebagai Hari Anak Sedunia

Selain itu, dengan memperingati Hari Pohon Sedunia juga sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan. Seperti yang diketahui, pohon memiliki banyak manfaat untuk manusia, seperti menghasilkan 02 (oksigen) dan CO2 (karbondioksida), Mencegah erosi, Tempat hidup satwa, Mengatur tata air, dan masih banyak lagi.




Hari Pohon SeduniaHari Pohon Sedunia 2023Fakta Hari Pohon SeduniaSejarah Hari Pohon SeduniaTujuan Hari Pohon Sedunia

Share to: