Fakta dan Sejarah Thanksgiving Day, Jatuh pada 23 November 2023

Fakta dan Sejarah Thanksgiving Day, Jatuh pada 23 November 2023

Fakta dan Sejarah Thanksgiving Day, Jatuh pada 23 November 2023

Perayaan Thanksgiving (foto: Pizabay)


Tepat hari ini 23 November 2023 masyarakat di Amerika dan beberapa negara lainnya merayakan Thanksgiving Day.

Thanksgiving sendiri adalah perayaan bagi orang Amerika untuk berkumpul, mengadakan pesta hingga makan bersama keluarga dan kerabat di setiap minggu ke-4 bulan November. Hari perayaan ini sebelumnya muncul untuk mensyukuri hasil panen dan berkah lainnya yang didasarkan pada jamuan panen para peziarah kolonial tahun 1621.

Baca jugaDiperingati Setiap 22 November, Inilah Fakta dan Sejarah Love Your Freckles Day

Lantas seperti apa sejarah Thanksgiving hingga kini ditetapkan sebagai libur nasional di Amerika.

Sejarah Thanksgiving Day

Melansir dari History.com, Thanksgiving pertama kali dirayakan pada tahun 1621 di Plymouth, Massachusetts. Kala itu perayaan dilakukan bersama dengan penjajah asal Inggris dan Eropa yang memburu hewan untuk pesta. Selain itu, mereka juga melakukan lomba menembak, berlari hingga minum bir. Perayaan ini dilakukan sebagai rasa Syukur atas berkah Tuhan yang mereka terima.

Meski kini identik dengan hidangan kalkun, awalnya perayaan Thanksgiving justru memakan makanan laut seperti kerrang dan lobster. Kalkun baru mulai menjadi khas makanan Thanksgiving pada abad ke-19.

Menjadi Hari Libur Nasional Sejak 1863

Sebelumnya, Thanksgiving Day tidak menjadi hari libur resmi di Amerika Serikat. Pada tahun 1863, Presiden Abraham Lincoln menetapkan Thanksgiving nasional yang dirayakan pada Kamis, 16 November.

Baca juga: Tepat Hari Ini, Toy Story Film Animasi CGI Pertama di Dunia Dirilis

Kemudian sejak tahun 1942, Presiden Franklin D Roosevelt membuat proklamasi yang berisi Thanksgiving Day dirayakan setiap kamis keempat di bulan November setiap tahunnya.




Thanksgiving DaySejarah Thanksgiving DayThanksgivingBlack Friday

Share to: